Sukses


Menang Atas PSM Makassar, Kalteng Putra Merangkak dari Dasar Klasemen Liga 1

Bola.com, Jakarta - Kalteng Putra mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-1 di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, pada laga tunda pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019, Minggu (10/11/2019). Gol-gol Kalteng Putra pada laga tersebut dicetak oleh Elthon Maran, Eydison dan Takuya Matsunaga, sedangkan PSM Makassar hanya bisa membalas melalui gol Aji Kurniawan.

Kalteng Putra unggul ketika laga memasuki menit kelima. Berawal dari tendangan bebas I Gede Sukadana, Elthon Maran melepaskan sontekan yang gagal diantisipasi oleh kiper PSM Makassar, Rivky Mokodompit. 

Kalteng Putra menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Umpan terobosan dari Takuya Matsunaga dapat dimaksilkan Eydison yang lolos dari jebakan offside.

Eydison mengecoh kiper PSM dan melepaskan tendangan ke arah gawang tanpa halangan. Kalteng Putra memimpin dua gol atas PSM.

Pada menit ke-30, Yohanes Pahabol mencoba peruntungan dengan mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak. Namun, bola hasil tendangannya masih menyamping dari gawang PSM.

Tim tamu mendapat peluang pertamanya pada menit ke-33. Aji Kurniawan yang menggantikan Zulham Zamrun, melepaskan tendangan dari dalam kotak, tetapi bola masih menyamping dari gawang Kalteng Putra.

Pada menit ke-39, PSM menipisikan selisih gol melalui aksi Aji Kurniawan. Pemain bernomor punggung 71 itu mengecoh bek Kalteng Putra dan melepaskan tendangan keras ke gawang Kalteng Putra tanpa bisa dihalau Reky Rahayu.

Paruh pertama laga antara Kalteng Putra dan PSM Makassar berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua, PSM Makassar mulai bisa keluar dari tekanan Kalteng Putra. Pada menit ke-52, PSM bisa membangun serangan. Namun, umpan yang tidak akurat dari Aji Kurniawan, membuat peluang terbuang.

Pada menit ke-54, Elthon Maran melepaskan tendangan akurat ke gawang PSM melalui sisi kanan. Tetapi, bola hasil tendangannya hanya membentur mistar gawang PSM.

Tim Juku Eja melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Kalteng Putra. Namun, usaha Aji Kurniawan, Rasyid Bakri dan Marc Klok tak membuahkan hasil.

Rizky Pellu mendapat peluang untuk mencetak gol pada menit ke-67. Ia menerima umpan dari tendangan bebas Rasyid Bakri dengan tumit, namun bola melambung di atas gawang Kalteng Putra.

Kalteng Putra menambah keunggulan pada menit ke-81 melalui tendangan jarak jauh Takuya Matsunaga. Gelandang asal Jepang itu memanfaatkan kelengahan kiper PSM, Rivky Mokodompit, yang gagal melakukan penyelamatan.

Yohanes Pahabol hampir membuat gol untuk Kalteng Putra melalui aksi individu pada menit ke-87. Namun, tendangannya dapat diantisipasi oleh kiper PSM.

Laga berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Kalteng Putra. Hasil pertandingan tersebut membuat Kalteng Putra beranjak dari dasar klasemen Liga 1, melewati Semen Padang dan Persela Lamongan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Kalteng Putra: 53-Reky Rahayu; 26-Kevin Gomes, 33-Rafael Bonfim, 3-Wasyiat Hasbullah, 21-Abanda Rahman; 44-I Gede Sukadana (14-Michael Rumere 79'), 34-Takuya Matsunaga, 77-Pandi Lestaluhu (28-Yan Nasadit 50'); 99-Elthon Maran (24-Fajar Handika 60'), 89-Eydison, 11-Yohanes Pahabol

Pelatih: Weasley Gomes de Olivera

PSM Makassar: 20-Rivky Mokodompit; 2-Aaron Evans, 32-Beny Wahyudi (6-Ferdinand Sinaga 71'), 15-Hasyim Kipuw, 26-Taufik Hidayat; 10-Marc Klok, 24-Rizky Eka Pratama, 50-Raphael Maitimo (17-Rasyid Bakri 53'), 19-Rizky Pellu; 7-Zulham Zamrun (71-Aji Kurniawan 25’), 90-Amido Balde

Pelatih: Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer