Duel Jacksen Tiago Vs Stefano Teco Cugurra: Adu Strategi Dua Sahabat

Oleh Wiwig PrayugiGatot Susetyo pada 11 Nov 2019, 08:00 WIB
Persipura Jayapura Vs Bali United - Head to Head

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago dan arsitek Bali Uniyed, Stefano Teco Cugurra Teco punya hubungan emosional yang menarik untuk dikupas. Jacksen merupakan sosok yang pertama kali mengajak Teco ke Indonesia pada 2004.

Ketika itu, Jacksen Tiago sebagai pelatih kepala Persebaya Surabaya, membutuhkan seorang asisten pelatih fisik. Maka, ia mengajak Teco terbang dari Brasil ke Indonesia.

"Perkenalan saya dengan Teco dimediasi teman saat berlibur di Brasil. Saya butuh pelatih fisik, dan teman itu menawari Teco. Saya tertarik dengan Teco, karena dia memang punya kemampuan akademis bagus. Dia sarjana lulusan olahraga. Dia berasal dari keluarga berpendidikan," ungkap Jacksen.

Gayung pun bersambut. Teco dengan tangan terbuka menerima ajakan Jacksen Tiago. Bahkan, duet ini cukup lama berkolaborasi di Persebaya. Uniknya, baik Jacksen Tiago dan Teco betah dan berjodoh dengan wanita asal Surabaya.

"Surabaya kota kedua bagi saya. Saya tak bisa melupakan kota ini. Saya mengawali karir di sini dan punya istri serta tinggal di Surabaya. Saya akui hubungan dengan coach Jacksen sangat baik," kata Teco.

Jacksen Tiago pun mengaku sering berkomunikasi dengan Teco yang dinilainya sebagai pelatih yang pintar.

"Karena berasal dari keluarga pendidikan, Teco pun ikut kursus kepelatihan di Brasil agar bisa menangani tim. Prestasinya di Indonesia sangat bagus. Kemarin dia juara bersama Persija. Dia memang sosok yang pintar dan rajin belajar," kata Jacksen Tiago.

2 of 4

Jasa Besar Jacksen

Jacksen F. Tiago (Persipura Jayapura)
Jacksen F. Tiago, pelatih Persipura. (Bola.com/Aditya Wany)

Jacksen Tiago berjasa besar bagi karier Teco di Indonesia, namun dia terang-terangan menolak anggapan itu.

"Teco sukses, karena dia pintar dan pekerja keras. Dia yang menentukan kesuksesannya. Saya kebetulan hanya membuka pintu, ketika mengajaknya ke Indonesia. Anda lihat ada pelatih asal Brasil yang juga kurang beruntung di sini. Jadi, semua tergantung individu. Saya tak pernah merasa berjasa terhadap Teco," ucapnya.

Sebaliknya, Jacksen mengaku bangga dengan prestasi Teco. "Sebagai sahabat, saya senang dan bangga punya teman sukses. Semua orang punya rejeki masing-masing. Saya juga senang ada saingan pelatih hebat seperti Teco," jelasnya.

Lalu, siapa paling jitu dan cerdik untuk memenangkan laga Persipura kontra Bali United di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (11/11/2019)? Menarik kita tunggu racikan dua sahabat ini.

3 of 4

Sama-sama Sukses

Piala Presiden 2019 : Bali United Vs Semen Padang
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat melawan Semen Padang pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). Bali United menang 2-1 atas Semen Padang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiprah Jacksen Tiago sebagai pelatih kawakan di klub Indonesia tak diragukan lagi. Pada musim ini, Jacksen mengembalikan performa Persipura setelah terpuruk pada awal musim.

Saat ini, tim Mutiara Hitam berada di posisi ketiga. Bukan tidak mungkin, Persipura bisa menjegal Bali United untuk meraih kemenangan pada laga nanti. 

Di sisi lain, Stefano Teco juga cemerlang. Dalam dua musim, namanya berkibar. Musim lalu, ia membawa Persija Jakarta meraih trebble, yakni Liga 1 2018, Piala Presiden 2018, dan turnamen Boot Super Fix 2018 di Malaysia.

Musim ini, Teco membawa Bali United begitu dominan di Liga 1 2019. Bali United kini mengemas 56 poin dan kukuh di puncak klasemen. Bali United baru menuntaskan 25 laga, sehingga peluang untuk menjadi juara sangat terbuka.

4 of 4

Video: Kisah Stefano Teco di Persebaya

Lanjutkan Membaca ↓