4 Fakta Menarik Menjelang Bentrok Persib Bandung Vs Arema FC

Oleh Iwan Setiawan pada 12 Nov 2019, 07:50 WIB
Diperbarui 12 Nov 2019, 21:18 WIB
Persib Bandung vs Arema FC

Bola.com, Bandung - Laga tunda Shopee Liga 1 antara Persib Bandung melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (12/11/2019) soe, bakal panas.

Sama seperti duel-duel sebelumnya, hubungan tak harmonis suporter kedua tim yang membuat pertandingan ini jadi sorotan. Jika satu di antara mereka menelan kekalahan, kritikan dari supporter akan mengalir deras.

Persib sebagai tuan rumah pastinya ingin berjuang lebih keras untuk memetik kemenangan. Itu sekaligus membalas kekalahan telak 1-5 saat pertemuan pertama di Malang.

Hanya, banyaknya pemain inti yang absen jadi kendala serius. Mengingat mereka kehilangan Ezechiel Ndouassel, Febri Hariyadi, Ardi Idrus, Esteban Vizcarra, Gian Zola, dan Bechkam Putra. Mereka absen lantaran panggilan timnas dan akumulasi kartu.

Sedangkan Kevin Kippersluis masih diragukan kondisinya pasca cedera. Arema juga tak beda jauh kondisinya. Meski kedua tim pincang, laga ini tetap dijamin panas.

Arema juga tidak dalam kekuatan penuh. Beberapa pemain absen, termasuk sang kapten yang biasa mengawal pertahanan, Hamka Hamzah.

Bola.com mengumpulkan sejumlah fakta yang juga membumbui laga Persib Bandung versus Arema FC.

 

2 of 6

Milo Selalu Curi Poin di Bandung Bersama Arema

Piala Indonesia 2019 : Arema Gelar Latihan di SUGBK
Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, memperhatikan timnya saat menggelar sesi latihan di Stadion GBK, Jakarta, Jumat (2/8). Jelang hadapi Persija, skuat Arema jajal Stadion GBK. (Bola.com/YoppyRenato)

Persib Bandung wajib waspada dengan kehadiran Arema kali ini. Pasalnya, pelatih Milomir Seslija belum tersentuh kekalahan pada laga resmi ketika membawa Singo Edan ke Bandung.

Pada musim 2016, Arema meraih hasil 0-0. Sedangkan pertemuan kedua terjadi pada 16 besar Piala Indonesia awal tahun 2019. Singo Edan menahan Persib 1-1.

Milo pun mengingat betul catatan positif ini. Dia ingin mengingatkan jika musim ini, tuan rumah tidak selalu bisa menang. Artinya, masih ada peluang baginya untuk memperpanjang atau bahkan memperbaiki rekor tersebut.

3 of 6

Makan Konate Belum Menjebol Gawang Persib di Bandung

Arema FC
Selebrasi pemain Arema, Makan Konate dan Dendi Santoso, usai menjebol gawang Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang. Arema menang telak 4-0 dalam laga itu. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Gelandang Arema FC, Makan Konate merupakan mantan pahlawan Persib Bandung. Setiap musim, dia selalu diharapkan kembali oleh fans Persib. Sejak membela Arema, Konate punya catatan unik saat bersua Persib.

Dari dua kali pertemuan kedua tim di Malang, Konate selalu mencetak gol, yakni pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia awal tahun 2019 dan putaran pertama Liga 1 musim ini. Namun, ketika dua kali main di Bandung dengan Singo Edan, dia kehilangan ketajamannya.

4 of 6

Teror Suporter Makin Ganas

Suporter Timnas Indonesia
Ilustrasi suporter. (Bola.com/Aditya Wany)

Bisa dikatakan, musim ini teror yang dialami kedua tim kedua tim meningkat. Bermula dari teror kembang api kepada tim Persib di putaran pertama lalu, dari suporter garis keras Arema.

Bus Persib ditembaki kembang api ketika sesi jajal lapangan. Selain itu, dini hari jelang laga, kembang api kembali ditembakkan di depan hotel tempat Persib menginap di Malang.

Fans Persib membalasnya kepada tim Arema FC U-20 yang satu grup dengan Persib. Ketika tandang ke Bandung Agustus, suporter Persib memberikan teror sampai turun lapangan.

Bahkan, satu pemain Arema menerima sebuah pukulan. Kini, tim senior Arema juga waswas dengan teror balasan tersebut. Itu sebabnya mereka mengantisipasi dengan berangkat H-1 dari Malang menuju Bandung.

5 of 6

Pembalasan Kekalahan Paling Telak

Makan Konate, Hariono, Arema FC, Persib Bandung
Makan Konate terlibat friksi dengan Hariono saat duel Arema FC kontra Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang, Rabu (30/7/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Persib Bandung tidak akan pernah melupakan laga putaran pertama Shopee Liga 1 di Malang. Dalam pertandingan melawan Arema di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 30 Juli 2019, mereka pulang dengan rasa malu. Persib menelan kekalahan terbesar sepanjang sejarah pertemuan dengan Arema, 1-5.

Tentu, mereka bakal berusaha membalasnya dalam pertemuan kedua nanti. Namun, Persib tidak bisa turun dengan komposisi terbaik. Pelatih Robert Alberts harus berpikir keras untuk menaklukkan Arema yang tengah berjuang kembali ke papan atas.  

 

6 of 6

Video: Cuplikan Duel Arema FC Vs Persib Bandung

Lanjutkan Membaca ↓
11 Menit Cetak Hattrick, Diogo Jota Bisa Menjadi Pilihan di FPL