Mulai Tertinggal dari 2 Pesaing, Madura United Terapkan Kedisiplinan Tinggi

Oleh Aditya Wany pada 13 Nov 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 13 Nov 2019, 20:18 WIB
Madura United

Bola.com, Bangkalan - Madura United terus menampakkan usaha untuk bangkit dari hasil negatif di Shopee Liga 1 2019. Setelah kalah dua kali beruntun, masing-masing 0-2 kontra Arema (8/11/2019) dan Persipura Jayapura (3/11/2019), Laskar Sape Kerrab tidak ingin lengah lagi.

Kebetulan, Madura United tidak memiliki agenda pertandingan selama pekan internasional, saat tim lain memainkan laga tunda. Pelatih Madura United, Rasiman, mulai menerapkan kedisplinan tinggi dalam segala aspek untuk tim asuhannya.

Hal itu mulai dilakukan Rasiman saat memulai latihan bersama skuatnya di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Selasa (12/11/2019). Sebelum berlatih, dia mengajak jajaran pelatih untuk mengadakan pertemuan terlebih dulu.

"Sekitar satu atau dua jam latihan, jajaran pelatih mengadakan meeting. Kami membicarakan persiapan latihan. Kami memerikan semua pemain yang bisa latihan dan tidak. Kami berusaha mempersiapkan semuanya dengan baik," kata Rasiman.

Hal itu memaksa jajaran pelatih Madura United untuk tiba di tempat latihan satu jam sebelum dimulai. Dia juga meminta kepada stafnya, seperti kitman, untuk menyiapkan peralatan dengan baik. Bahkan, tekanan bola yang akan dipakai juga diperiksa.

"Satu jam sebelum latihan, jajaran pelatih sudah ada di lapangan ini. Jika pemain datang ke sini, tentu sudah melihat cone di lapangan tertata dengan baik. Bola sudah diatur dengan tekanan udara sesuai dengan standar," imbuh pelatih berusia 44 tahun itu.

2 of 2

Mulai Tertinggal

Madura United
Madura United selebrasi saat menjamu Persela di Stadion Gelora Bangkalan (24/9/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Pemain juga harus dibiasakan dengan cara baru yang dilakukan oleh Rasiman itu. Andik Vermansah dkk. tidak bisa lagi bersantai seperti biasanya karena tim sedang membutuhkan fokus tinggi dalam persaingan papan atas.

"Kami berharap semuanya menjaga dan meningkatkan kedisiplinan ini. Kalau pelatih sudah mulai disiplin, pemain juga akan lebih meningkat. Ini akan kami jalankan sampai nanti jeda kompetisi selesai. Nanti bisa dilihat Madura United akan bangkit setelah ini," ucap Rasiman.

Madura United saat ini mulai tertinggal dari dua pesaingnya, Bali United dan Persipura, yang menduduki dua posisi teratas. Tim asal Pulau Garam itu harus puas dengan peringkat ketiga karena gagal mengoleksi poin di dua laga terakhir.

Lanjutkan Membaca ↓