Sukses


Krisis Bek, Persebaya Andalkan Duet Stoper Liga 2

Bola.com, Balikpapan - Krisis pemain belakang sedang mendera Persebaya jelang menjamu PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11/2019). Tiga pemain belakang milik Bajul Ijo absen dalam laga tunda tersebut.

Otavio Dutra memenuhi panggilan ke Timnas Indonesia. Lalu, Hansamu Yama terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Sedangkan Rachmat Irianto masih menjalani rentetan agenda Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan SEA Games 2019.

Hanya dua stopper yang tersisa, yaitu Andri Muliadi dan Mokhamad Syaifuddin. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berusaha memutar otak agar dua pemain yang siap tampil itu bisa maksimal menghadapi PSM.

"Memang sudah dipastikan Dutra dan Hansamau tidak bisa main. Hansamu akumulasi dan Dutra pergi ke timnas. Praktis, kami hanya tinggal memiliki dua pemain belakang yang berposisi bek tengah," kata Aji.

"Kami akan maksimalkan pemain yang ada, Syaifuddin dan Andri. Sekarang kondisinya kembali lagi. Ini tidak berbeda saat melawan Tira Persikabo, kami juga tidak lengkap kemarin," imbuh pelatih asal Malang itu.

Duet stopper Syaifuddin dan Andri sebenarnya bukan hal yang baru. Keduanya telah gabung Persebaya sejak Liga 2 2017. Mereka menjadi pilar andalan Bajul Ijo yang menjuarai kompetisi tersebut dan promosi ke Liga 1 2018.

2 dari 2 halaman

Berharap Tak Kebobolan

Musim ini, keduanya sempat dicoba saat situasi serupa terjadi pada Persebaya. Syaifuddin dan Andri dipercaya mengisi posisi jantung pertahanan saat melawan Persib Bandung dalam fase grup Piala Presiden 2019. Hasilnya, Persebaya menang 3-2 alias kebobolan dua gol.

Selama Liga 1 2019, keduanya dipasang bersamaan dalam dua laga kandang, yaitu menjamu Persija Jakarta (24/8/2019) dan Madura United (10/8/2019). Persebaya gagal menang di dua laga itu, semuanya berakhir seri. Masing-masing 1-1 kontra Persija dan 2-2 melawan Madura United.

"Ya, terakhir kami duet saat melawan Persija dan Madura United, hasilnya seri. Harapannya, kami duet lagi minimal bisa tidak kebobolan dan bisa menang," ucap Syaifuddin.

Dengan hanya tersisa dua pemain itu, Persebaya tidak memiliki stok bek tengah untuk menghuni bangku cadangan. Aji bisa saja menurunkan Aryn Williams yang merupakan pemain serbabisa di lini belakang. Namun, pemain berpaspor Australia ini memiliki peran penting di lini tengah.

Video Populer

Foto Populer