Tiket Laga Malaysia Vs Timnas Indonesia Sudah Ludes Terjual

Oleh Aning Jati pada 18 Nov 2019, 04:15 WIB
Diperbarui 18 Nov 2019, 04:15 WIB
Timnas Indonesia Vs Malaysia

Bola.com, Kuala Lumpur - Tiket untuk laga Timnas Malaysia versus Indonesia di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur sudah ludes terjual pada Minggu sore waktu setempat (17/11/2019).

Kepastian itu tiket ludes itu hanya beberapa jam setelah pengumuman Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), yang menyatakan tiket masih tersisa sedikit, pada Minggu pagi.

Dalam pernyataannya ketika itu, FAM melalui sang Sekjen, Stuart Ramalingam, menyampaikan tiket yang terjual sudah mencapai 74.038 lembar. 

Pada Minggu sore, FAM kembali memberikan informasi melalui media sosial resmi. Kali ini, tiket laga kelima di Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu sudah sold out atau ludes terjual.

Media-media lokal di Malaysia menyebutkan, jumlah total tiket yang dilepas FAM untuk laga bergengsi ini mencapai 74.380 lembar. Sementara, kapasitas Stadion Nasional, Bukit Jalil, tercatat 87.411 tempat duduk.

Tiket yang dilepas terdiri dari dua kelas, yakni terbuka (30/40 ringgit) dan Grandstand (50/60 ringgit), serta tiket untuk anak-anak seharga tujuh ringgit.

Dengan begitu, FAM menegaskan tak akan lagi penjualan tiket secara langsung di loket tiket yang ada di area stadion. Seluruh tiket tersebut telah terjual dengan sistem pembelian online.

Timnas Indonesia sebagai tamu, mendapatkan kuota lima persen, atau sekitar 4.400 lembar tiket. 

Seiring tingginya animo suporter, FAM dan Kepolisian Malaysia (PDRM) sudah mengeluarkan imbauan kepada warga Malaysia agar tak menjadi "perantara" atau bahkan pelaku yang menjual tiket yang merupakan kuota untuk suporter Timnas Malaysia, kepada pendukung Timnas Indonesia.

Pasalnya, suporter Tim Garuda akan ditempatkan di satu zona saja, yakni Kategori Satu, dengan satu pintu masuk, yakni di Gate E.

Tiket yang dijual selain melalui laman resmi PSSI, untuk pendukung Timnas Indonesia, tak akan berada di zona tersebut. FAM, PDRM, serta PSSI tak ingin mengambil risiko sekecil apa pun, sehingga menegaskan agar pendukung kedua kesebelasan mematuhi tata cara pembelian tiket.

2 dari 2 halaman

Rekor Baru?

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Suporter Malaysia memberikan dukungan saat melawan Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jumlah penonton sebanyak 74.380 ini dipastikan jadi rekor baru yang terjadi di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Menariknya, jumlah penonton dalam pertandingan Timnas Malaysia kontra Indonesia ini memecahkan rekor lama, hingga matchday keempat, yang juga ditorehkan dua negara serumpun ini.

Rekor sebelumnya, terjadi pada laga Timnas Indonesia saat menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 5 September 2019. Ketika itu, jumlah penonton menembus 54.659 orang.

Mengingat laga di SUGBK saat itu diwarnai kericuhan, FAM, LOC Malaysia, PDRM, dan PSSI telah berkoordinasi dengan menggelar pertemuan di Kuala Lumpur, Minggu (17/11/2019), sebagai antisipasi agar insiden serupa tak pecah di Bukit Jalil.

Sekitar 1.750 aparat keamanan akan disiagakan untuk mengamankan pertandingan ini. Suporter Timnas Indonesia yang datang secara bersama bisa meminta pengawalan dari Bandara, langsung ke Gate E di Stadion Nasional, Bukit Jalil, dan bakal mendapatkan pengawalan hingga meninggalkan stadion.

Sumber: FAM, PSSI

Lanjutkan Membaca ↓