Komentar Pelatih Malaysia Setelah Sukses Membungkam Timnas Indonesia

Oleh Aning Jati pada 20 Nov 2019, 09:30 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 09:17 WIB
Timnas Malaysia vs Timnas Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Wajah pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, terlihat semringah. Ia berhasil mengantar pasukannya memenuhi target mengalahkan Timnas Indonesia dalam laga kelima Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Bermain di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa malam (19/11/2019), Timnas Malaysia menang 2-0 berkat brace bintang muda, Safawi Rasid, menit ke-30 dan 73'.

Tan Cheng Hoe sangat mengapresiasi perjuangan pemainnya hingga mampu merealisasikan target tiga poin dari laga ini. Pelatih berusia 51 tahun itu juga memuji mentalitas kemenangan tim asuhannya.

"Luar biasa dan tidak mudah untuk mengalahkan Indonesia yang menggunakan begitu banyak pemain baru di tim," ujar Tan Cheng Hoe selepas pertandingan, dilansir dari Harian Metro.

"Saya lihat mentalitas pemain cukup tinggi, apabila kami kehilangan bola, pemain cepat bangkit untuk mengejar. Ini sebuah sikap dan komitmen yang baik dari mereka," lanjutnya.

Kemenangan atas Timnas Indonesia membawa Malaysia melejit ke peringkat kedua klasemen sementara Grup G. Tim Harimau Malaya kini menduduki posisi runner-up, menggusur Thailand, dengan koleksi poin sembilan.

Asa lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia serta ke putaran final Piala Asia 2023 pun kembali terbuka lebar.

Dalam laga ini, Timnas Malaysia juga berhasil mewujudkan ambisi untuk mencatatkan clean sheet kali pertama. Pada empat laga sebelumnya, gawang Harimau Malaya selalu berhasil dijebol lawan, termasuk oleh Indonesia pada pertemuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (5/9/2019).

2 of 2

Kemenangan Kesembilan

Timnas Malaysia vs Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, TM Ichsan dan Otavio Dutra, berusaha mengadang pemain Timnas Malaysia, Akhyar Rashid, dalam laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Nasional, Bukit Jalil (19/11/2019). (Bola.com/Dok. AFC)

Sebelum pertandingan, Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, memang menginstruksikan agar Tim Harimau Malaya mengalahkan Indonesia. Ia tak menerima hasil imbang apalagi kalah.

Tan Cheng Hoe setuju dengan hal itu karena ia juga ingin menutup kiprah Timnas Malaysia di tahun 2019 dengan hasil manis.

Kemenangan atas Indonesia membuat Timnas Malaysia mencatatkan rekor sembilan kemenangan dan empat kekalahan dari 13 pertandingan internasional yang dilakoni sepanjang 2019, termasuk pertandingan bukan grade A.

Secara khusus, ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun dalam bulan ini. Brendan Gan dkk. sebelumnya mengalahkan Tajikistan 1-0 dalam laga uji coba (9/11/2019) dan menekuk Thailand 2-1 dalam partai keempat Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia (14/11/2019).

Sumber: My Metro

Lanjutkan Membaca ↓