Pandangan Hamka Hamzah perihal Luis Milla dan Shin Tae-yong

Oleh Iwan Setiawan pada 20 Nov 2019, 21:50 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 21:17 WIB
Luis Milla Aspas

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia segera memiliki arsitek baru. Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong jadi kandidat serius setelahmelakukan presentasi di depan pengurus PSSI di Kuala Lumpur (19/11/2019). Selain itu, kandidat lainnya adalah pelatih asal Spanyol, Luis Milla, yang pernah jadi pelatih Timnas Indonesia.

Saat ini Timnas Indonesia sangat butuh sosok pelatih yang bisa mengangkat mental pemain, setelah lima laga tanpa kemenangan di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kapten tim Arema, Hamka Hamzah, angkat bicara terkait pembahasan pelatih Timnas Indonesia. Saat dikonfirmasi terkait siapa sosok yang pantas melatih Tim Garuda, dia mengaku dua sosok pelatih itu bisa dibilang punya kualitas.

"Shin Tae-yong atau Luis Milla, PSSI pasti tahu siapa yang lebih cocok. Tapi, harapan saya, pelatih itu bisa membuat rasa percaya diri pemain timnas meningkat," jelas bek 35 tahun ini.

Hamka mengaku di eranya ketika masih membela Timnas Indonesia pada 2004-2014, semua pemain di timnas tidak merasa keder menghadapi negara manapun. Pelatih yang punya peran besar untuk membuat pemain selalu siap menghadapi lawan berat.

"Dulu waktu menghadapi Thailand dan negara lain yang levelnya 1-2 tingkat di atas Indonesia, kami tidak merasa kalah sebelum bertanding," kata Hamka.

 

2 of 2

Mental Bertanding

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mental seperti itu yang perlu dikembalikan lagi oleh pelatih sehingga Timnas Indonesia bisa segera bangkit. Meski, hal itu butuh proses.

"Kalau dari segi kualitas pemain, Indonesia yang sekarang tidak kalah. Mereka punya skill dan kecepatan. Tinggal membuat agar lebih percaya diri menghadapi tim yang lebih kuat," lanjutnya.

Harapannya, Shin Tae-yong atau Luis Milla punya cara sendiri mengangkat mental pemain Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong namanya moncer karena pernah mengalahkan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018 di Rusia. Sementara Luis Milla punya nama besar sebagai pemain karena pernah membela raksasa Spanyol, seperti Real Madrid dan Barcelona.

Lanjutkan Membaca ↓