Prediksi Tira Persikabo Vs PSIS: Nikmati Permainan dan Putus Tren Negatif

Oleh Vincentius AtmajaBenediktus Gerendo Pradigdo pada 22 Nov 2019, 06:30 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 18:17 WIB
Tira Persikabo Vs PSIS Semarang

Bola.com, Bogor - Tira Persikabo menjamu PSIS Semarang dalam laga pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (22/11/2019). Pertandingan ini menjadi momen bagi tim tuan rumah untuk bangkit dari keterpurukan, di mana tim asuhan Rahmad Darmawan itu belum sekalipun menang sejak putaran kedua Liga 1 2019 bergulir.

Tira Persikabo masih mengincar kemungkinan untuk meraih kemenangan perdana di putaran kedua Liga 1 2019. Sempt berada di puncak klasemen selama beberapa pekan pada putaran pertama, kini Wawan Febriyanto dkk. sudah merosot ke peringkat ksesembilan dalam klasemen Liga 1 2019.

Keinginan untuk meraih kemenangan di laga kandang ini pun begitu besar. Namun, pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, tetap mengingatkan anak-anak asuhnya terhadap permainan PSIS yang bisa saja mengejutkan.

"Kami harus betul-betul waspada. Ketika PSIS kalah dari Persib dan menang saat menghadapi Bali United, tentu ada banyak faktor. Ketika mereka kalah dari Persib pun karena faktor ketidakberuntungan. PSIS tetap bermain bagus saat itu yang bisa dilihat dari statistik yang mereka miliki," ujar Rahmad Darmawan.

"Ada sejumlah pemain yang menjadi kunci permainan PSIS. Mereka punya pemain sayap yang cepat dan striker yang dingin dan memiliki mobilitas yang tinggi. Tekanan dari tengah pun bagus, artinya kami harus waspada menghadapi tim seperti ini," lanjut pelatih yang karib disapa RD itu.

Meski Tira Persikabo ingin meraih kemenangan pertama di putaran kedua Liga 1 2019, Rahmad Darmawan berharap agar anak-anak asuhnya tidak terbebani. Mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 ini berharap para pemainnya lebih berpikir untuk menikmati jalannya pertandingan.

"Saya selalu mengingatkan pemain saya. Nikmati pertandingan. Hal itu penting bagi pemain karena sebuah pertandingan merupakan pesta bagi para pemain setelah bekerja keras di sesi latihan," ujarnya.

Dukungan dari masyarakat Bogor pun diharapkan bisa membantu Tira Persikabo bangkit dari tren negatif. pemain Tira Persikabo, Guntur Triaji, yakin dukungan dari penonton di Stadion Pakansari akan menjadi suntikan motivasi yang besar bagi timnya.

"Satu hal yang pasti kami mengharapkan seluruh suporter di Bogor tetap bersatu mendukung kami karena memang kami membutuhkan mereka untuk mendapatkan hasil maksimal. Semoga mereka bisa membantu kami di stadion, mendukung selama 90 menit, dan semoga kami bisa membahagiakan mereka," ujar pemain Tira Persikabo itu.

 

2 of 4

Tim Tamu Percaya Diri

PSIS Semarang
Pemain PSIS Semarang berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Kamis (21/11/2019), jelang pertandingan kontra Tira Persikabo yang akan digelar Jumat (22/11/2019). (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

PSIS Semarang bertekad mencuri poin di kandang Tira Persikabo dalam lanjutan pekan ke-28 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (22/11/2019). Tambahan poin akan sangat membantu untuk menyelamatkan posisi dari ancaman degradasi.

Keberhasilan mengalahkan Bali United pada pekan lalu menjadi modal besar yang dimiliki PSIS. Tambahan tiga poin membuat PSIS perlahan mulai meninggalkan zona degradasi. Namun, tim-tim lainnya masih tetap memberi ancaman untuk menggeser.

Melawan Tira Persikabo, tim Mahesa Jenar harus dihadapkan dengan situasi beberapa pilarnya yang harus absen. Terutama Bruno Silva, Finky Pasamba, dan Safrudin Tahar yang menjalani akumulasi kartu kuning. Sementara penjaga gawang utama Jandia Eka Putra juga harus diparkir karena cedera.

Satu pemain PSIS lainnya, Septian David Maulana, juga kemungkinan tidak dapat turun lantaran baru saja membela Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Pelatih PSIS, Bambang Nurdiansyah, bakal menyiapkan pemain penggantinya yang 100 persen siap.

Untuk komposisi pemain yang harus absen, Bambang Nurdiansyah kemungkinan akan memainkan Frendi Saputra sebagai pengganti Tahar, Heru Setyawan mengganti Finky Pasamba, dan peran Bruno Silva untuk sementara akan diambil alih Claudir Marini Jr.

"Pengganti pemain yang absen tentu sudah saya siapkan. Untuk Septian David, dia kan baru tampil di Timnas kemarin, biar bergabung dulu dan saya lihat kondisinya," terang pelatih yang akrab disapa Banur kepada Bola.com, Kamis (21/11/2019).

Pihaknya juga mengaku telah mempelajari kekuatan calon lawannya. Banur menyebut tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut tetaplah tim dengan kekuatan merata, meskipun di putaran kedua kompetisi mengalami penurunan.

Banur menyebut tingkat kesiapan kondisi fisik pemain akan menjadi penentu hasil pertandingan nanti. Menurutnya, PSIS hanya memiliki masa recovery singkat ketimbang Tira yang punya jeda pertandingan selama satu pekan.

"Saya sudah lihat videonya, bagaimana Tira bermain. Mereka cukup bagus terutama dalam melakukan serangan balik," ujar Banur.

3 of 4

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Joko Ribowo (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Soni Setiawan (belakang); Eka Febri, Jonathan Cantillana, Heru Setyawan (tengah); Claudir Marini Jr, Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho (depan)

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Tira Persikabo (4-3-3): Syahrul Fadil (kiper); Vava Mario Yagalo, Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Abduh Lestaluhu (belakang); Guntur Triaji, Roni Sugeng, Wawan Febriyanto (tengah), Osas Saha, Ciro Alves, Sansan Fauzi (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

4 of 4

Video

Lanjutkan Membaca ↓