Punya Alasan Unik Berkiprah di Liga 2, Zulkifli Syukur Ingin Bawa Sriwijaya FC Promosi

Oleh Aditya Wany pada 23 Nov 2019, 14:15 WIB
Diperbarui 23 Nov 2019, 14:15 WIB
Zulkifli Syukur

Bola.com, Gianyar - Zulkifli Syukur merupakan satu di antara eks Timnas Indonesia yang kini berkiprah di Liga 2 2019. Keputusannya untuk tampil di kasta kedua cukup mengejutkan mengingat dia satu di antara bek kiri yang apik di pentas sepak bola nasional.

Pemain asli Makassar itu bergabung dengan Sriwijaya FC sejak putaran kedua dengan status pinjaman dari PSM Makassar. Alasannya mau turun kasta dengan tampil di Liga 2 adalah tidak ingin berjumpa dengan PSM. 

“Memang ada tawaran dari beberapa klub Liga 1 yang mau meminjam saya. Tapi, saya sudah berkomitman bahwa di putaran kedua saya lebih memilih Liga 2,” kata Zulkifli kepada Bola.com belum lama ini.

“Saya juga tidak ingin bertemu dengan PSM di putaran kedua ini. Bagaimanapun, saya sangat menghormati PSM dan cinta dengan klub itu,” imbuh pemain berusia 35 tahun tersebut. 

Sebenarnya, ini bukan kali pertama buat Zulkifli tampil di kasta kedua. Dia mengawali karier bersama Persim Maros pada 2006 yang saat itu berkompetisi di Divisi I yang merupakan kasta kedua di bawah Divisi Utama. 

Tapi, tahun-tahun berikutnya dijalani oleh Zulkifli dengan membela klub-klub besar di kasta tertinggi. Di antaranya adalah Persmin Minahasa, Arema, Persib Bandung, Mitra Kukar, Borneo FC, hingga ke PSM.

Padahal, kompetisi kasta kedua dikenal berjalan cukup keras karena jarang mendapat ekspose dari media. Duel antar pemain kerap lahir dan mengakibatkan cedera. 

“Saya pikir, semuanya, baik Liga 1 atau Liga 2, namanya sepak bola pasti ada saja benturan. Saya harus bisa beradaptasi dengan kondisi yang saya alami di Liga 2 2019,” ucap pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 tersebut.

2 dari 2 halaman

Tiket Terakhir

Sriwijaya FC, Bobby Satria, Persewar, Victor Pae
Sriwijaya FC sukses meraih tiga poin pertama di Grup A babak delapan besar Liga 2 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (9/11/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Saat ini, Zulkifli sedang berupaya membawa Sriwijaya FC lolos ke Liga 1 2020. Laskar Wong Kito baru saja menelan kekalahan lewat adu penalti dari Persita Tangerang dalam babak semifinal di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (22/11/2019). 

Peluang Sriwijaya untuk bisa tampil lagi di kasta tertinggi musim depan masih terbuka. Syaratnya, skuat arahan Kas Hartadi itu harus mengalahkan Persiraja Banda Aceh dalam perebutan tempat ketiga Liga 2 2020 di stadion yang sama, Senin (25/11/2019). 

“Alasan saya turun ke Liga 2 karena Sriwijaya mempunyai target yang jelas, ingin tampil di Liga 1. Saya masih optimistis Sriwijaya bisa promosi ke Liga 1,” tutur pemain yang mengoleksi 25 penampilan bersama Timnas Indonesia itu. 

Di sisi lain, dua tiket promosi ke Liga 1 2020 telah menjadi milik Persita Tangerang dan Persik Kediri yang memetik kemenangan di babak semifinal. Satu tiket tersisa harus diperebutkan oleh dua tim asal Sumatra, yaitu Sriwijaya dan Persiraja.

Lanjutkan Membaca ↓