Sukses


Jalani Pemulihan Setelah Operasi, Striker Arema Mulai Dilanda Kebosanan

Bola.com, Malang - Striker Arema FC, Dedik Setiawan, sudah menjalani pemulihan pasca operasi lutut selama tiga pekan. Dedik belum banyak melakukan aktivitas.

Dedik masih menggunakan tongkat penyangga untuk berjalan. Dalam waktu dekat, dia sudah tidak menggunakannya lagi dan mulai sering terapi menekuk lutut yang baru dioperasi.

“Kalau terapi, tidak boleh pakai penyangga lagi. Tapi waktu dirumah saya pakai untuk jaga-jaga saja. Setelah melewati tiga minggu sudah gak boleh pakai sama sekali,” kata Dedik.

Selama tiga minggu, dia banyak menghabiskan waktu di rumah. Kebosanan pun melanda Karena biasanya dia selalu punya aktivitas di lapangan dan bercanda dengan rekan-rekannya di Arema.

“Jenuh pasti ada. Kalau sudah begitu saya nonton video pertandingan sama main game,” lanjut striker 25 tahun ini.

Dedik optimistis bisa kembali ke lapangan lebih cepat dari yang diprediksi orang. Saat ini, pemulihannya sudah berjalan baik.

“Saya selalu mengompres bekas operasinya. Sekarang kalau malam kadang sakit tapi sedikit. Dulu waktu habis operasi malamnya juga tidak terasa sakit. Padahal saya dengar dari yang sudah pernah operasi, kalau efek biusnya habis, rasanya sakit.  Tapi Alhamdulillah saya tidak merasa seperti itu,” jelas striker yang sempat dipanggil timnas Indonesia senior ini.

Dedik mengaku pada bulan April 2019, dia sudah bisa gabung dengan latihan Arema FC. Baru pada Juni 2019, dia sudah diperbolehkan bertanding. 

2 dari 2 halaman

Ahmad Bustomi jadi Pemain Paling Perhatian

Sebelum menjalani operasi lutut pada 7 November, Dedik sempat berkonsultasi dengan pemain senior yang pernah mengalami cedera yang sama, yakni Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah dan beberapa pemain lain.

Ada satu pemain yang terus memberikan perhatian kepadanya, yakni Bustomi. Keduanya pernah main bersama di Arema FC musim 2017 silam. Waktu itu, Dedik masih jadi pemain yang baru di Arema kini Bustomi bermain untuk klub Liga 2, Mitra Kukar.

“Mas Bustomi sering kirim pesan duluan. Tanya perkembangan kondisi. Di akhir chat pasti ada kata semangat,” jelasnya.

Bustomi memang baru menjalani operasi lutut tahun lalu. dia menjalani pemulihan di Jakarta selama 6 bulan. Kini dia sudah bisa bermain normal.

“Operasi memang tidak seperti yang ditakutkan. Sekarang saya sudah merasakannya sendiri. Meski masih proses pemulihan, tapi saya yakin bisa pulih 100 persen,” sambungnya.

Dedik mengalami cedera putus otot ACL di lutut kanan. Tak hanya itu, di lutut yang sama juga dia mengalami masalah dengan meniscus yang sudah rusak.

“Saya justru tidak tahu kalau ada cedera meniscus juga. Kata dokter itu sudah lama. Tapi saya tidak tahu karena merasa tidak ada efek sakit yang saya rasakan waktu itu. Baru saat periksa cedera ACL ketahuan,” tegas Dedik.

Video Populer

Foto Populer