Sukses


PSSI Soal Pelatih Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Lebih Siap, Luis Milla Meragukan

Bola.com, Manila - Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, menyebut Shin Tae-yong lebih siap dalam mengemban target yang diberikan jika menjadi pelatih Timnas Indonesia. Adapun pesaingnya, Luis Milla, dikatakan Cucu masih terlihat ragu-ragu.

Penilaian diberikan setelah membandingkan pertemuan antara PSSI dengan Shin Tae-yong dan Luis Milla. Cucu Somantri menyayangkan sikap Luis Milla yang enggan memberikan garansi juara jika kembali melatih Timnas Indonesia.

"Keduanya memang tidak bisa menggaransi juara. Namun, kalau saya lihat, Shin Tae-yong lebih siap, sedangkan Luis Milla agak ragu-ragu," kata Cucu Somantri kepada wartawan di Manila.

"Makanya saya kejar tadi ke Luis Milla, 'Anda kan sudah melatih sekian lama mengapa tidak sanggup?'. Padahal Shin Tae-yong belum pernah menangani Timnas Indonesia. Jadi, tinggal kami bandingkan saja," ujar Cucu Somantri.

Tuntutan gelar juara Piala AFF 2020 dikatakan Cucu Somantri sudah realistis buat Luis Milla. Apalagi para pemain Timnas Indonesia senior nantinya bakal dihuni nama-nama yang pernah bekerja sama dengan Luis Milla di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Cucu Somantri tak ingin PSSI menjadi kambing hitam jika Timnas Indonesia kembali gagal juara di Piala AFF 2020. Pria yang juga Mayor Jenderal TNI (Purn.) itu meminta Luis Milla berkomitmen karena dirinya yang paling banyak mendapatkan desakan dari publik untuk melatih Timnas Indonesia.

"Kami sampaikan saja karena jangan nantinya kegagalan malah blunder buat kami. Harapan publik tinggi terhadap Luis Milla. Jangan sampai nanti targetnya tidak berhasil, dia malah menyalahkan federasi," ucap Cucu Somantri.

Selama hampir 20 bulan menukangi Timnas Indonesia, Luis Milla memang tak mampu memberikan gelar juara. Pencapaian terbaiknya hanya raihan medali perunggu di SEA Games 2017.

Video

2 dari 2 halaman

Belum Pernah Juara

Luis Milla direkrut PSSI pada awal 2017 untuk menukangi Timnas Indonesia U-22 jelang SEA Games 2017. Namun, ketika itu pelatih berusia 53 tahun itu hanya mampu mempersembahkan medali perunggu.

Sementara itu, Luis Milla juga gagal membantu Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2019 melaju jauh. Hansamu Yama dkk hanya bertahan sampai babak 16 besar.

Jika kembali terpilih sebagai pelatih Timnas Indonesia, PSSI mematok target tinggi. Luis Milla dituntut untuk bisa mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2020.

Indonesia belum pernah juara Piala AFF yang menjadi ajang adu gengsi antarnegara Asia Tenggara. Tim Merah-Putih paling mentok hanya menjadi runner-up di edisi 2000, 2002, 2004-2005, 2010, 2016.

 

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games 2019 Filipina dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer