Sukses


5 Gaya Unik Pelatih Sepak Bola di Indonesia, Ada yang Sering Pakai Jas

Bola.com, Jakarta - Sosok pelatih menjadi penentu dalam strategi permainan sepak bola. Ia menjadi orang paling vokal di pinggir lapangan ketika tim bertanding dan berpikir paling keras di luar lapangan demi taktik terbaik tim asuhannya.

Namun, seorang pelatih bisa pula disorot berkat gaya fashion yang ia kenakan. Para pelatih luar negeri kerap menggunakan pakaian formal ketika menemani klub bertanding.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Soutghate, bisa menjadi contoh pelatih yang cukup bergaya saat timnya bermain. Ia tidak memakai setelan jas, namun mengenakan vest atau rompi berkancing. Gaya busana semacam ini sempat mendapat sorotan pada Piala Dunia 2018.

Gaya ini terlihat necis dan modis di lapangan. Gaya Southgate sering disebut dengan mode waistcoat atau suit vest.

Lantas, bagaimana dengan gaya pelatih yang berkecimpung di Liga Indonesia? Pelatih klub sepak bola di Indonesia ternyata juga memiliki gaya dan punya penampilan khas ketika mendampingi pemainnya bertanding.

Ada yang memilih untuk tampil rapi, ada juga yang memilih untuk tampil simpel nan sederhana, dengan aksesoris khas.

Bola.com merangkum lima gaya unik pelatih sepak bola di Indonesia:

2 dari 6 halaman

Tampil Sederhana dengan Kaus

Pelatih klub sepak bola Indonesia sering memilih tampil sederhana ketika di stadion. Satu di antaranya dengan mengenakan kaus saja.

Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, pelatih Badak Lampung FC, Milan Petrovic, hingga Mario Gomez (Borneo FC) kerap tampil biasa mengenakan kaus saja di pinggir lapangan.

3 dari 6 halaman

Aksessoris Unik

Pelatih klub sepak bola Indonesia jua kerap tampil dengan ciri khas dan karakteristik masing-masing. Satu di antara dengan memakai aksesoris pakaian secara khusus.

Mantan pelatih Persibat Batang, Daniel Rukito, kerap mengenakan topi bulat seperti koboi.

4 dari 6 halaman

Berkemeja

Menggunakan kemeja menjadi gaya paling banyak dijumpai di sepak bola Indonesia. Beberapa memilih kemeja lengan panjang yang digulung seperti pelatih Arema FC, Milomir Seslija.

5 dari 6 halaman

Jaket atau sweater

Gaya berpenampilan lain yang biasa dikenakan oleh pelatih klub sepak bola Indonesia adalah mengenakan pakaian hangat seperti jaket dan sweater. Pelatih yang kerap mengenakan gaya tersebut adalah pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

6 dari 6 halaman

Kenakan Jas

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, gemar mengenakan setelan jas saat menukangi timnas Indonesia. Padahal, iklim Indonesia yang panas tidak cocok bagi pelatih mengenakan jenis busana satu itu.

Namun, Simon mengenakan pakaian ini sebagai bentuk respek untuk semua orang. Selain Simon, Ricky Nelson juga pernah melakukan hal serupa. Ia suka mengenakan jas saat menjadi pelatih Borneo FC.

Video Populer

Foto Populer