Sukses


Tim Peserta Piala AFC U-19 2020 Telah Final, ASEAN Bikin Kejutan

Bola.com, Jakarta - 16 tim peserta Piala AFC U-19 2020 akhirnya komplet. Hal itu setelah Grup A menuntaskan seluruh pertandingan di fase kualifikasi, pada 22-30 November 2019.

Grup A memang baru menggelar fase kualifikasi belakangan, dibandingkan grup-grup lain. Penyebabnya, aksi protes yang terjadi di Irak, sehingga pertandingan yang semestinya dimainkan pada 2-10 November, baru digelar pada 22-30 November. Lokasinya pun berubah dari di Irak menjadi di Oman.

Alhasil, di saat Grup B-K sudah menuntaskan babak kualifikasi dan memastikan wakil ke putaran final pada 10 November lalu, Grup A baru pada Sabtu lalu mengakhiri kualifikasi.

Hasilnya, Irak berhasil melaju ke putaran final masing-masing sebagai juara Grup A. Irak mengumpulkan poin lima, sama halnya Kuwait yang ada di posisi runner-up Grup A. Namun, Kuwait kalah dalam selisih gol dari Irak, dan gagal dalam persaingan empat tim runner-up terbaik.

Kepastian itu melengkapi daftar peserta Piala AFC U-19 2020. Pasalnya, empat tim runner-up terbaik juga bisa ditentukan selepas laga-laga kualifikasi di Grup A dimainkan.

Dengan Uzbekistan lolos ke putaran final sebagai runner-up Grup F, maka satu tim berhak mendapat slot runner-up terbaik menggantikan posisi Uzbekistan. Pasalnya, Uzbekistan merupakan tuan rumah Piala AFC U-19 2020 sehingga hasil di fase kualifikasi sudah tak berpengaruh apa pun.

Ini jadi keberuntungan buat Kamboja. Tim sesama negara di kawasan Asia Tenggara itu yang semula berada di urutan kelima dari daftar persaingan tim runner-up terbaik, naik ke urutan keempat menggantikan posisi Uzbekistan.

Pencapaian tim-tim di ASEAN pada kualifikasi Piala AFC U-19 2020 ini cukup membanggakan dan mengejutkan. Total, ASEAN mengirim lima tim ke putaran final. 

Lima negara itu adalah Malaysia (juara Grup G), Indonesia (juara Grup K), Laos (runner-up terbaik pertama), Vietnam (runner-up terbaik kedua), dan Kamboja (runner-up terbaik kelima).

Secara khusus, ini jadi penampilan pertama Kamboja di putaran final Piala AFC U-19 dalam 45 tahun terakhir.

Piala AFC U-19 2020 akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Empat tim akan lolos ke Piala Dunia U-20 2021, mendampingi Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah.

Berikut daftar lengkap peserta Piala AFC U-19 2020:

2 dari 2 halaman

Daftar Tim Peserta Piala AFC U-19 2020

Tuan rumah: Uzbekistan

Juara Grup: Irak (A), Qatar (B), Tajikistan (C), Iran (D), Bahrain (E), Arab Saudi (F), Malaysia (G), Australia (H), Korea Selatan (I), Jepang (J), Indonesia (K)

Runner-up terbaik: Laos, Vietnam, Yaman, Kamboja

Sumber: AFC

Video Populer

Foto Populer