Prediksi Kalteng Putra vs Madura United: Momentum Bangkit

Oleh Aditya Wany pada 06 Des 2019, 06:45 WIB
Diperbarui 06 Des 2019, 06:45 WIB
Kalteng Putra Vs Madura United

Bola.com, Palangkaraya - Kalteng Putra mendapat ujian berat untuk bisa meninggalkan zona degradasi Shopee Liga 1 2019. Mereka bakal menjamu tim papan atas Madura United di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Jumat (6/12/2019).

Klub berjulukan Laskar Isen Mulang itu masih terjebak di peringkat ke-17 atau zona merah dengan raihan 30 poin. Mereka perlu memenangkan pertandingan ini untuk menjaga asa bertahan di kompetisi kasta tertinggi.

“Apapun yang terjadi, kami akan berusaha maksimal. Persaingan di papan bawah saat ini sangat ketat. Kami yakin jika bisa dapat 40 poin, maka kami bisa lolos dari degradasi,” kata Gomes de Oliveira.

Raihan 40 poin yang dimaksud oleh Gomes merujuk pada hasil pertandingan di empat laga tersisa. Artinya, dia ingin Kalteng Putra memenangi tiga pertandingan dan satu lainnya bisa mendapatkan seri saja.

Ancaman degradasi sudah di depan mata kalau sampai Kalteng Putra ditekuk oleh Madura United. Sebab, klub lain juga sedang berjuang secara kompetitif, seperti Badak Lampung FC, Persela Lamongan, dan Semen Padang, untuk menghindari zona degradasi.

Sayang, Kalteng Putra terpaksa kehilangan stoper andalannya, Rafael Bonfim, yang terkena akumulasi kartu kuning di laga ini. Selama ini mereka juga tampil tidak konsisten sehingga terjebak di papan bawah sejak pertengahan musim.

Selain itu, duel ini bakal menjadi ajang reuni untuk Gomes. Pelatih asal Brasil ini tercatat pernah menangani Madura United pada 2016-2018. Dia bahkan menjadi pelatih yang membentuk skuat Madura United sejak awal berdiri.

2 dari 3 halaman

Jaga Persaingan Papan Atas

Madura United vs Kalteng Putra
Pemain Madura United, Syahrian Abimanyu, saat meladeni Kalteng Putra di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Minggu (1/9/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Pelatih Madura United, Rasiman, merupakan asisten pelatih saat Gomes menjadi pelatih kepala. Bagi Rasiman laga ini menjadi adu strategi antara dua orang yang pernah bekerja sama dengan berbeda pengalaman.

“Saya gembira datang ke sini bisa bertemu dengan Coach Gomes. Saya musim lalu bekerja dengannya, salam hormat untuk beliau. Mudah-mudahan di pertandingan ini kami bisa menampilkan permainan yang baik,” ucap Rasiman.

Madura United juga dalam tren yang kurang apik setelah melewati lima pertadingan terakhir dengan kekalahan beruntun. Rasiman berharap timnya bisa mengalahkan Kalteng Putra untuk menjaga persaingan papan atas.

Kini, mereka turun peringkat di posisi kelima dengan 44 poin. Persaingan di papan atas memperebutkan posisi runner-up yang menjadi slot tim tunggu untuk ke Piala AFC 2020. Sementara ini, posisi itu duduki oleh Persipura Jayapura dengan 47 poin.

“Semua pemain sudah mulai kembali membaik. Alhamdulillah, kekuatan kami sedikit demi sedikit mulai pulih. Kami mengalami gangguan eksternal, setiap pemain pulang dari tim nasional dalam kondisi yang tidak bugar,” ujar Rasiman.

“Itu yang membuat saya kesulitan untuk menentukan taktik yang digunakan karena terbatasnya stok pemain. Kami sempat bermain cukup baik, tapi kadang ada insiden di luar kendali. Kami masih dalam tren belum membaik,” imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): Reky Rahayu (kiper); Wasyiat Hasbullah, OK John, Abanda Rahman, Kevin Gomes (belakang); Fajar Handika, Yan Pieter Nasadit, Takuya Matsunaga (tengah); Feri Pahabol, Patrick Wanggai, Eydison Soares (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Madura United (4-3-3): Ridho Djazulie (kiper); Marckho Meraudje, Jaimerson Xavier, Ante Bakmaz, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Diego Assis (tengah); Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Alfath Faathier (depan)

Pelatih: Rasiman

Lanjutkan Membaca ↓