Barito Putera, Persela, dan PSIS Lepas dari Jerat Degradasi

Oleh Gatot Susetyo pada 13 Des 2019, 11:15 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 06:47 WIB
Shopee Liga 1 2019 Logo Klub

Bola.com, Jakarta - Kemenangan Bhayangkara FC atas Perseru Badak Lampung FC pada laga pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Kamis (12/12/2019), berimbas baik kepada tiga tim. Barito Putera, Persela Lamongan, dan PSIS Semarang dipastikan selamat dari jurang degradasi.

Alasannya, Badak Lampung FC yang saat ini berada di peringkat ke-16 dalam klasemen Liga 1 2019 hanya punya 33 poin dan tak akan bisa lagi menyalip perolehan poin Barito Putera, Persela, dan PSIS, di mana ketiganya memiliki torehan yang sama, yaitu 40 poin.

Dengan hanya dua pertandingan tersisa hingga akhir musim, meski Badak Lampung FC memenangi laga tersisa tersebut, hanya akan menghasilkan 39 poin. Dengan demikian, Barito Putera, Persela, dan PSIS pun tak akan mendapatkan dampak negatif berupa degradasi jika kalah dalam dua laga terakhir.

"Alhamdulillah, hasil Badak Lampung FC dengan Bhayangkara FC berdampak positif bagi kami. Beban kami sudah hilang. Musim depan kami tetap tampil di Liga 1," kata Hasnuryadi Sulaiman, Manajer Tim Barito Putera.

Kendati begitu, Laskar Antasari akan tetap melakoni dua laga tersisa dengan gagah berani, yakni saat menantang Persipura (16/12/2019) di Sidoarjo dan Arema FC (22/12/2019) di Martapura.

"Berikutnya, kami akan tampil lepas di dua pertandingan nanti. Kami akan mengejar posisi sepuluh besar di klasemen akhir musim ini," ujar manajer Barito Putera itu.

 

2 of 2

Persija Belum Aman

Kini tinggal Persija Jakarta yang harus berjuang mati-matian untuk menyelamatkan diri dari kemungkinan degradasi ke Liga 2. Saat ini Macan Kemayoran memiliki tiga sisa laga dan mengoleksi poin 38.

Bila dalam tiga partai tersebut Persija mengalami kekalahan dan Badak Lampung FC memenangi dua pertandingannya, maka Persija yang akan menemani Semen Padang dan Kalteng Putra terjun bebas ke neraka degradasi.

Lanjutkan Membaca ↓