Sukses


Darije Kalezic Akui Penampilan PSM Menurun Setelah Jadi Juara Piala Indonesia

Bola.com, Makassar - PSM Makassar kemungkinan besar mengakhiri Shopee Liga 1 2019 dengan berada di papan tengah. Kalau terjadi, hasil ini merupakan kemunduran buat Juku Eja karena pada dua musim sebelumnya, PSM selalu berada pada posisi tiga besar.

Pencapaian sementara PSM Makassar ini membuat pelatih Darije Kalezic menuai sorotan, meski ia sukses membawa skuatnya meraih trofi juara Piala Indonesia 2018.

Yang paling disorot adalah hasil laga tandang. PSM belum pernah menang dalam 16 partai, dengan perincian tiga imbang dan 13 kalah. Catatan minor ini bisa bertambah karena pada laga tandang terakhir PSM akan dijamu Persib Bandung (22/12/2019).

Setelah memimpin latihan reguler PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (13/12/2019), Darije mengakui penampilan skuatnya menurun setelah meraih juara Piala Indonesia.

"Setiap bertanding, kami melakukan kesalahan yang tidak pernah terjadi sebelum juara Piala Indonesia. Banyak pemain juga kehilangan motivasi dan fokus saat bermain," kata Darije.

Itulah mengapa, Darije kerap tidak memainkan pemain yang dinilainya bakal sulit tampil baik. Satu di antaranya adalah Zulham Zamrun, yang tak lagi mendapatkan menit bermain, meski tidak cedera atau menjalani hukuman akumulasi kartu.

"Ada sejumlah alasan yang membuat kondisi pemain dan tim seperti ini. Tapi, sebagai pelatih, saya tidak berwenang mengungkapkannya," tegas Darije.

Menurunnya penampilan PSM Makassar memang semata bukan faktor teknis. Rumor yang beredar di kalangan media dan suporter, setelah juara Piala Indonesia, pembayaran bonus dan gaji pemain tersendat.

2 dari 2 halaman

Kondisi Jelang Menjamu PSS

Di sisi lain, Darije juga mengungkapkan kondisi tim asuhannya jelang menjamu PSS Sleman pada laga pekan ke-33 Shopee Liga 1.

Striker Amido Balde tak bisa tampil karena diganjar kartu merah ketika PSM ditekuk tuan rumah Barito Putera 2-3 di Stadion Demang Lehman, Martapura (11/12/2019). Begitu pula dengan dua kiper pelapis, Hery Prasetyo dan Hilmansyah, yang mengalami cedera.

Darije juga tak bisa memainkan Firza Andika, yang cedera setelah membela Timnas Indoensia U-22 di SEA Games 2019. Sebaliknya, Darije mengisyaratkan langsung memainkan Asnawi Mangkualam pada laga kontra PSS.

"Itu hal yang lumrah. Banyak pemain langsung membela klub setelah bermain bersama timnas," kata Darije.

Darije berharap PSM Makassar menutup laga kandang musim ini dengan kemenangan.

"Kami ingin membuat suporter setia PSM bahagia pada laga kandang terakhir PSM," pungkas Darije mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer