3 Pemain dan Pelatih Terbaik Pekan Ke-32 Shopee Liga 1 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Des 2019, 09:15 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 09:15 WIB
3 Pemain Terbaik

Bola.com, Jakarta - Pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 telah berakhir dengan sejumlah kejutan yang terjadi. Persebaya Surabaya menang telak 4-1 atas Arema FC dan Persija Jakarta menang telak 4-0 atas Madura United, di mana Marko Simic sukses mencetak hattrick yang semuanya dicetak dari titik putih.

Pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 diawali dengan kemenangan tipis Persela Lamongan saat menjamu PSS Sleman di Surajaya pada Rabu (11/12/2019). Setelah itu, Persib Bandung mencuri tiga poin di kandang Borneo FC berkat kemenangan tipis 1-0 dan Barito Putera mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-2 pada hari yang sama.

Persebaya Surabaya membuat kemenangan besar saat menjamu rivalnya, Arema FC, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis, (12/12/2019). Bajul Ijo menang telak 4-1 dalam pertandingan tersebut.

Kejutan lain pada hari yang sama adalah kekalahan perdana Bali United di laga kandang mereka pada musim ini. Tira Persikabo menjadi tim yang sukses menghentikan rekor cemerlang Serdadu Tridatu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, dengan kemenangan 1-0.

Sementara dalam dua pertandingan lain yang digelar pada hari yang sama, Bhayangkara FC menang 3-2 di markas Badak Lampung FC. Sementara Kalteng Putra ditahan imbang tanpa gol dengan Persipura Jayapura, yang membuat Laskar Isen Mulang dipastikan terdegradasi.

Sementara pada hari terakhir pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019, giliran Persija Jakarta yang membuat kejutan dengan kemenangan telak 4-0 atas Madura United. Tiga dari empat gol Persija dicetak oleh Marko Simic, di mana yang menarik ketiganya dicetak dari titik putih.

Pada saat yang bersamaan, PSIS Semarang meraih kemenangan 2-0 atas Semen Padang di Magelang. Dalam pertandingan tersebut, Semen Padang pun dipastikan terdegradasi setelah Persija tak lagi bisa terkejar dan Semen Padang gagal menambah poin.

Terlepas dari sejumlah kejutan tersebut, Bola.com memilih tiga pemain dan juga satu pelatih yang layak mendapatkan predikat terbaik di pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 ini.

2 dari 5 halaman

David da Silva

Persebaya Surabaya
Striker Persebaya, David da Silva, dan rekan satu tim merayakan gol ke gawang Arema di Stadion Batakan, Balikpapan (12/12/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

David da Silva berhasil mencetak gol yang layak disebut terbaik pada pekan ini. Namun, tak hanya itu saja, kontribusi besarnya dalam kemenangan atas Arema FC membuatnya juga layak menjadi satu dari tiga pemain terbaik di pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019.

Kontribusi yang dimaksud tentu saja dua gol yang berhasil dicetaknya ke gawang Arema yang dikawal Utam Rusdiana. David da Silva menggandakan keunggulan Persebaya menjadi 2-0 pada menit ke-27 setelah membawa bola dari tengah lapangan dan mengoyak jala gawang Arema.

Kemudian pada masa injury time, di mana Persebaya sudah unggul 3-1, David da Silva kembali mengoyak jala gawang Arema FC. Pemain asal Brasil itu berhasil lolos dari kawalan Hanif Abdurrauf Sjahbandi untuk menjebol gawang Singo Edan.

3 dari 5 halaman

Francisco Torres

Fransisco Torres dan Cassio de Jesus
Aksi dua pemain asing Barito Putera, Fransisco Torres dan Cassio de Jesus di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (14/9/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Striker asing Barito Putera, Francisco Torres, pantas mendapatkan predikat sebagai satu dari tiga pemain terbaik pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019. Pemain asal Brasil itu juga menorehkan dua gol dalam kemenangan 3-2 yang diraih Barito Putera atas PSM Makassar.

Torres membuka keunggulan Barito Putera pada menit ke-17 lewat tandukan kepala memaksimalkan umpan dari Yakob Sayuri. Tandukan tersebut mengarah ke sudut kiri bawah gawang PSM dan tak mampu dijangkau oleh Rivky Mokodompit.

Pemain asal Brasil itu kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-70 yang membuat Barito Putera unggul 3-0. Kali ini, Torres memaksimalkan umpan yang diberikan Samsul Arif, kembali dengan tandukan kepalanya yang tak mampu dihalau oleh Rivky Mokodompit.

4 dari 5 halaman

Aryn Williams

Aryn Williams, Persebaya Surabaya, Shopee Liga 1
Pemain asing Persebaya Surabaya, Aryn Williams. (Bola.com/Aditya Wany)

Pemain terakhir yang layak mendapatkan predikat terbaik pada pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 adalah gelandang asing Persebaya Surabaya, Aryn Williams. Pemain kelahiran Australia itu berhasil memberikan kontribusi yang tidak kalah penting dari David da Silva.

Sebuah gol dan sebuah assist dipersembahkan Aryns Williams dalam pertandingan ini. Bahkan gol pembuka kemenangan besar Persebaya lahir dari gol jarak jauh yang dicetaknya pada saat laga baru berjalan empat menit.

Sementara itu, sebuah assist juga dicetak oleh Aryns Williams saat membantu Diogo Campos mencetak gol ketiga Persebaya dalam laga tersebut.

Aryn Williams yang menerima umpan terobosan dan hanya tinggal berhadapan dengan Utam Rusdiana memilih untuk mengoper bola kepada Diogo Campos yang berada dalam posisi yang lebih bagus untuk mencetak gol.

5 dari 5 halaman

Aji Santoso

Aji Santoso
Aji Santoso, pelatih Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Untuk kategori pelatih terbaik di pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019, Bola.com memilih Aji Santoso sebagai pemenang. Pelatih Persebaya Surabaya itu tak sekadar membawa timnya meraih kemenangan, tapi meraih kemenangan dalam sebuah laga yang sangat penting.

Aji Santoso mampu memotivasi para pemainnya untuk tampil menggila saat menghadapi Arema FC, tim yang juga menjadi rival utama Persebaya. Apalagi, Persebaya menjamu Singo Edan jauh dari Surabaya, yaitu di Stadion Batakan, Balikpapan.

Semua hal yang merugikan Persebaya itu berhasil dibayar tuntas. Para pemain mampu menjalankan instruksi Aji Santoso yang juga mengenal baik Arema FC, di mana sang pelatih pernah membawa Singo Edan menjuarai Piala Presiden 2017.

Aji Santoso memang punya catatan menarik saat menjadi lawan dari Arema FC. Sejak menangani Persela Lamongan di Liga 1 2017, Aji tak pernah kalah saat membesut timnya menghadapi Arema.

Bersama Laskar Joko Tingkir, Aji telah melakoni enam pertandingan kontra Arema. Hasilnya, berhasil memenangi dua di antaranya. Semuanya terjadi saat Persela berstatus sebagai tim tuan rumah.

Rupanya, torehan apik itu berlanjut saat Aji menangani Persebaya pada musim ini. Skor 4-1 yang diraih Persebaya membuat pelatih asal Malang itu belum pernah kalah dari Singo Edan yang bertandang ke markas klub yang ditangani Aji.

Lanjutkan Membaca ↓
Cara Latihan Refleks Kiper Muda Arema FC, Andriyas Francisco di Dalam Rumah