Sukses


Prediksi PSM Vs PSS: Kemenangan Kandang Terakhir Jadi Harga Mati

Bola.com, Makassar - PSM Makassar mengusung misi meraih kemenangan saat menjamu PSS Sleman pada laga pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (15/12/2019).

Bagi Juku Eja, tiga poin jadi harga mati karena laga nanti merupakan kali terakhir mereka bermain di hadapan suporter militannya musim ini.

Tidak hanya itu, kemenangan atas PSS bisa membuka peluang bagi PSM Makassar mewujudkan target bertengger di papan atas pada akhir kompetisi. Sampai pekan ke-32, koleksi poin Juku Eja hanya berjarak tiga angka dengan peringkat kelima, Madura United, yang sudah meraup 47 poin.

Pelatih PSM, Darije Kalezic, tanpa sungkan meminta pemainnya agar fokus dan optimal pada laga nanti. Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini berharap pemainnya melupakan dulu masalah internal tim demi membuat suporter Juku Eja gembira.

"Secara pribadi, saya juga ingin berlibur dengan tenang," ujar Darije.

Selepas menjamu PSS, Juku Eja akan meladeni tuan rumah Persib Bandung pada laga terakhir musim ini (22/12/2019). Setelah itu, PSM akan memberi kesempatan seluruh elemen tim menikmati libur Natal dan Tahun Baru.

Darije merasa perlu memotivasi pemainnya menyusul hasil tanpa kemenangan pada empat laga terakhir. PSM hanya mencetak satu kali imbang dan tiga kali menelan kekalahan. Rumor yang beredar, penampilan PSM menurun karena masalah keterlambatan pembayaran gaji dan bonus pemain.

Menghadapi laga nanti, PSM Makassar tidak diperkuat Amido Balde yang diganjar kartu merah saat dijamu Barito Putera (11/12/2019). Peran eks striker Persebaya ini akan dimainkan Ferdinand Sinaga.

Di sisi lain, Darije kembali bisa memainkan Hasim Kipuw yang sudah bebas dari sanksi akumulasi serta Asnawi Mangkualam yang baru memperkuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019. "Saya sudah berbicara dengan Asnawi. Ia menyatakan siap bermain untuk PSM pada laga nanti, ungkap Darije.

2 dari 3 halaman

Tamu Lebih Lepas

Sementara PSS, tampil lebih lepas setelah memastikan posisi bertahan di Liga 1. Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, lebih fokus mematangkan rencana permainan yang masih belum berjalan baik di laga sebelumnya saat kalah 0-1 dari Persela Lamongan (11/12/2019).

Kekalahan tersebut lebih didasari penerapan formasi dan skenario permainan anyar yang diterapkan Seto. Meski bisa menahan imbang dalam 45 menit pertama, PSS kecolongan gol di awal babak kedua.

"Banyak hal yang bisa didapat dari evaluasi melawan Persela. Cukup baik, hanya pemain kurang berani membawa bola lebih lama. Pemain saya harap bisa menjaga konsistensi permainan," ujar Seto.

Hal ini menjadi pembelajaran dan kemungkinan besar Seto Nurdiyantoro kembali memakai formasi awal yang menjadi andalan PSS. Terlebih tim Elang Jawa tak ingin kehilangan poin lagi di sisa kompetisi.

Meski sudah terhindar dari degradasi, PSS ingin mengejar posisi yang lebih baik. Bagus Nirwanto dkk., yang mengemas 44 poin, masih bisa terlempar dari 10 besar klasemen mengingat selisih poin dengan tim-tim di bawahnya berdekatan.

PSS terancam digeser tim seperti Persela Lamongan dan Persija Jakarta yang moncer di beberapa laga terakhir. PSS juga dipastikan tidak bisa diperkuat lima pemain, yakni Asyraq Gufron, Samuel Christianson, Haris Tuharea, Brian Ferreira, dan Irkham Zahrul Mila di Makassar.

"PSM Makassar tetap tim besar dengan materi pemain dan pelatih bagus. Mereka bakal bangkit setelah beberapa laga kurang memuaskan hasilnya. Tapi, apa pun, kami sudah siap memberikan perlawanan," tegas Seto.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompi (kiper): Asnawi Mangkualam, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang): Rizky Pellu, Marc Klok, M. Arfan (tengah): Rizky Eka, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (depan)

Pelatih Darije Kalezic

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudhi, Ikhwan Ciptady, Derry Rachman (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Wahyu Sukarta, Rangga Muslim (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

 

Lima Laga Terakhir PSM Makassar

11/12/2019: Barito Putera vs PSM Makassar 3 – 2

07/12/2019: Persela Lamongan vs PSM Makassar 3 – 1

02/12/2019: PSM Makassar vs Pusamania Borneo FC 2 – 2

27/11/2019: PSIS Semarang vs PSM Makassar 1 – 0

23/11/2019: PSM Makassar vs Bali United 1 – 0

 

Lima Laga Terakhir PSS Sleman

11/12/2019:Persela Lamongan vs PSS Sleman 1 – 0

07/12/2019:PSS Sleman vs Persib Bandung 0 – 0

03/12/2019: PSS Sleman vs Badak Lampung 5 – 1

28/11/2019:Barito Putera vs PSS Sleman 1 – 0

20/11/2019:PSS Sleman vs Pusamania Borneo FC 0 – 1

 

Rekor Pertemuan

23/08/2019: PSS Sleman vs PSM Makassar 3 – 2

 

PSM Makassar vs PSS Sleman

Prediksi Bola.com: 55-45

PSM sangat tangguh bermain di kandang sendiri sepanjang musim ini. Meski, diwarnai rumor tunggakan gaji pemain, PSM masih tetap berpeluang mengakhiri pertandingan dengan kemenangan. Sementara PSS, butuh motovasi anyar untuk menuntaskan musim ini selepas kepastian bertahan di Liga 1.

Video Populer

Foto Populer