Sukses


Duel Antarlini PSM Vs PSS: Pentas Ferdinand Sinaga Kontra Yevhen Bokhashvili

Bola.com, Makassar - Ferdinand Sinaga dan Yevhen Bokhashvili bakal beradu kemampuan dalam menjebol gawang lawan pada pertandingan PSM Makassar kontra PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (15/12/2019).

Aksi mereka bakal mewarnai duel pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019. Gol keduanya pun dibutuhkan klub masing-masing untuk menjaga asa bertengger di papan atas pada akhir kompetisi.

Ferdinand, yang saat ini mengemas delapan gol buat PSM Makassar, jadi tumpuan menyusul absennya Amido Balde yang diganjar kartu merah ketika Juku Eja melawat ke markas Barito Putera (11/12/2019). Eks striker Persib Bandung ini butuh tiga gol untuk menyamai koleksi golnya musim lalu.

Pelatih PSM, Darije Kalezic, mengungkapkan ia yakin Ferdinand bisa membuktikan kapasitasnya. Apalagi, laga nanti merupakan kali terakhir PSM bermain di kandang musim ini.

"Ferdinand selalu bermain dengan motivasi tinggi dalam lapangan," kata Darije.

Kendala Ferdinand pada laga nanti adalah suplai bola. Setelah Wiljan Pluim absen karena cedera, PSM seperti kehilangan dirigen permainan sekaligus pengumpan jitu buat para striker. Strategi bermain dengan mengandalkan kecepatan penyerang sayap tidak lagi efektif karena sudah terbaca oleh lawan.

Kondisi serupa juga dialami oleh Yevhen. Ia tak lagi disokong Brian Ferreira yang harus mengakhiri musim ini lebih cepat karena cedera.

Produktivitas Yevhen pun tak stabil. Setelah mencetak dua dari lima gol PSS ke gawang Badak Lampung (3/12/2019), Yevhen nihil gol pada dua laga terakhir kontra Persib Bandung (7/12/2019) dan Persela Lamongan (11/12/2019). Koleksi gol Yevhen tetap 15.

Hal ini berarti, Ferdinand dan Yevhen wajib tampil ekstra keras untuk mengemas gol buat klub masing-masing. Kalau pun tidak, minimal keduanya membuat asisst agar rekan-rekannya mencetak gol pada laga nanti.

Lantas, selain keduanya, siapa saja pemain di setiap lini yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar melawan PSS Sleman versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Belakang

PSM Makassar kembali diperkuat Hasim Kipuw yang absen ketika Juku Eja dikalahkan Barito Putera 2-3 (11/12/2019). Kipuw akan berduet dengan Aaron Evans untuk meredam ketajaman striker PSS, Yevhen Bokhashvili.

Pada laga nanti, pelatih PSM, Darije Kalezic akan memainkan Asnawi Mangkualam, yang baru pulang dari tugas membela Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2019. Kehadiran Asnawi membuat Beny Wahyudi kembali bermain di posisi bek kiri.

Dari kubu PSS, Ardan Aras berpeluang tampil menghadapi PSM, klub yang membesarkannya. Ardan diplot menggantikan peran Asyraq Gufran yang terjerat hukuman akumulasi kartu.

Meredam ketajaman striker PSM Ferdinand memang bukan tugas yang mudah buat Ardan. Tetapi, setidaknya, Ardan tahu cara mengawal Ferdinand karena mereka pernah bermain bersama di PSM.

3 dari 4 halaman

Tengah

Pelatih PSM, Darije Kalezic, masih menunggu perkembangan terakhir M. Arfan yang mengalami demam.

Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini mengaku butuh pemain yang memiliki determinasi dan motivasi di lapangan. Dua hal yang belakangan tak lagi dipunyai Marc Klok sehingga mulai diparkir di bangku cadangan.

Seperti pada laga sebelumnya, Darije bertumpu pada duet Rasyid Bakri dan Rizky Pellu, gelandang pekerja sekaligus pencetak gol buat PSM.

Di lain pihak, Guilherme Batata dituntut kerja ekstra untuk menjaga keseimbangan lini tengah PSS karena dua gelandang lainnya, Dave Mustaine dan Arsyad Yusgiantoro, kerap bermain ofensif. Secara kualitas, lini tengah PSS masih sedikit di bawah PSM pada laga nanti.

4 dari 4 halaman

Depan

Ferdinand bakal ditopang dua penyerang sayap, Rizky Eka dan Ezra Walian, untuk menjebol gawang lawan. Selain Rizky dan Ezra, pelatih Darije bisa memaksimalkan M. Rahmat, penyerang cepat PSM yang belakangan jarang mendapatkan menit bermain.

Kalau pun lini depan mengalami kebuntuan, mereka diharapkan jadi 'tembok' buat barisan gelandang mencetak gol.

Sementara Yevhen Bokhashvili dituntut lebih kreatif untuk melepaskan diri dari kawalan ketat duet stoper PSM, Hasim Kipuw-Aaron Evans. Kalau striker Ukrania ini tidak bergerak dinamis, duet stoper PSM bakal lebih mudah meredam ketajamannya.

Video Populer

Foto Populer