Aji Santoso Menganggap Duel Persija Vs Persebaya Sebagai Derbi

Oleh Aditya Wany pada 15 Des 2019, 07:30 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 07:16 WIB
Aji Santoso

Bola.com, Surabaya - Duel panas bakal kembali tersaji dalam pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019. Persija Jakarta dijadwalkan Persebaya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (14/12/2019).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sangat antusias menatap pertandingan ini. Sebab, David da Silva dkk. sedang dalam performa menanjak. Paling gres, mereka menekuk Arema dengan skor 4-0 dalam Derbi Jatim di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12/2019).

"Saya sampaikan, laga derbi belum selesai. Masih ada pertandingan derbi Persija melawan Persebaya. Derbi yang pertama sudah kami lakukan dengan baik. Bagi saya melawan Persija ini derbi," kata Aji, Sabtu (14/12/2019).

Istilah "derbi" sebenarnya merujuk pada persaingan dua tim yang masih berbasis di wilayah yang sama. Contoh paling gampang adalah Derbi Jatim (Persebaya vs Arema) atau Derbi Suramadu (Persebaya vs Madura United).

Kata "derbi" juga tidak pernah tersemat pada pertemuan Persija kontra Persebaya. Namun, dua tim asal dua kota terbesar di Indonesia ini memiliki rivalitas sengit dan sejarah panjang sejak era Perserikatan.

2 of 2

Berakhir Baik

Mochamad Supriadi, Persebaya Surabaya
Aksi pemain Persebaya Surabaya, Mochamad Supriadi (depan), pada laga kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (24/8/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Persija dan Persebaya merupakan klub tersukses yang mengoleksi gelar terbanyak di Indonesia. Suporter kedua tim, The Jakmania dan Bonek, juga memiliki hubungan yang kurang apik dengan latar belakang itu.

"Saya mau derbi ini berakhir dengan baik. Saya sangat yakin dan optimistis kalau pemain dalam kondisi siap tempur, Insyaallah kami akan memetik hasil positif di Jakarta," imbuh Aji Santoso.

Persebaya kini tengah dalam performa apik di Liga 1 2019 dengan tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir. Pencapaian itu membuat Bajul Ijo menduduki peringkat keempat klasemen sementara dengan 48 poin. 

Lanjutkan Membaca ↓