3 Pelatih Ini Sukses Juarai Liga Indonesia dengan Klub Berbeda

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 17 Des 2019, 14:20 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 14:20 WIB
Piala Indonesia 2019: Persija Jakarta Vs Bali United

Bola.com, Jakarta - Stefano Cugurra Teco membuat sejarah baru di kompetisi Liga Indonesia. Ia merupakan satu-satunya pelatih yang berhasil menoreh back to back champions alias juara dua kali beruntun.

Prestasi Teco terasa lebih istimewa diraih di klub berbeda, yakni Persija Jakarta dan Bali United.

Ia memulai karier sebagai pelatih pada 2017 dengan membesut Persija Jakarta. Pada musim pertamanya ia berhasil mengantar Persija duduk di peringkat keempat klasemen akhir Liga 1.

Musim 2018 menjadi bukti prestasi Teco, dengan merekrut Marco Simic dan Riko Simanjuntak, performa Persija meningkat pesat.

Persija berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018 dan berhasil melangkah hingga semifinal Piala AFC 2018 wilayah Asia Tenggara. Di kompetisi domestik, Teco sukses mengantar Persija Jakarta menjadi kampiun Liga 1 setelah berpuasa selama 17 tahun.

Prestasi tersebut membuat Manajemen Bali United terpesona dan merekrutnya pada musim 2019. Kesuksesannya terulang di Bali United.

Teco sukses mempersembahkan gelar Shoppe Liga 1 2019 untuk Bali United sebelum kompetisi usai. Mereka memastikan langkah menjuarai kompetisi pada pekan ke-30.

Kemenangan atas Semen Padang membuat poin Bali United tidak mungkin disusul rival-rival dalam empat pertandingan sisa. Stefano Cugurra Teco juga menjadi pelatih ketiga yang berhasil menyabet gelar Liga Indonesia dengan klub berbeda. Lalu siapa saja dua pelatih sebelumnya?

2 dari 3 halaman

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan, Tira Persikabo Vs Persija Jakarta
Rahmad Darmawan saat mendampingi Tira Persikabo melawan Kalteng Putra di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (26/7/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Rahmad Darmawan menjadi pelatih pertama yang berhasil mempersembahkan juara Liga Indonesia dengan dua klub berbeda yakni Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC. Pelatih asal Lampung ini mengantar Persipura Jayapura meraih juara Liga Indonesia 2005. Di partai puncak klub Mutiara Hitam mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 3-2.

Sementara gelar keduanya diraih pada musim 2007. Di partai final Sriwijaya FC mengandaskan perlawanan PSMS Medan dengan skor 3-1. Kini, Rahmad Darmawan menukangi Madura United setelah dipecat oleh PS Tira-Persikabo

3 dari 3 halaman

Jakcsen F. Tiago

Jacksen F. Tiago (Persipura Jayapura)
Jacksen F. Tiago, pelatih Persipura. (Bola.com/Aditya Wany)

Jacksen F. Tiago menjadi pelatih tersukses di Liga Indonesia. Ia berhasil mempersembahkan empat gelar juara liga dengan dua klub berbeda.

Jacksen berhasil mempersembahkan satu gelar untuk Persebaya Surabaya pada 2004 dan tiga kali untuk Persipura Jayapura pada musim 2008-2009, 2010-2011 dan 2013.

Kini, pelatih asal Brasil kembali menukangi klub berjuluk Mutiara Hitam setelah beberapa musim mengasuh Barito Putera.

Lanjutkan Membaca ↓