Sukses


Alfath Faathier Bakal Tinggalkan Madura United

Bola.com, Bangkalan - Kompetisi Shopee Liga 1 2019 masih belum rampung dengan menyisakan satu laga. Tetapi, Madura United perlahan mulai menunjukkan akan ada beberapa perubahan jelang Liga 1 2020.

Setelah memastikan Rahmad Darmawan sebagai pelatih kepala, kini muncul kabar, ada satu pemain bakal pergi dari Madura United. Pemain yang dimaksud adalah Alfath Faathier.

Berdasarkan informasi yang diterima Bola.com, pemain serbabisa kelahiran Purwakarta ini dikaitkan dengan pintu keluar Madura United setelah menolak perpanjangan kontrak yang diajukan manajemen klub.

Direktur Madura United, Haruna Soemitro, membenarkan kabar tersebut saat dikonfirmasi. Dia menyebut Alfath sempat masuk proyeksi Laskar Sape Kerrab untuk mengarungi kompetisi musim depan.

"Kami sudah mengajukan perpanjangan kontrak untuk Alfath. Tapi, dia memilih untuk tidak menerimanya. Dia bilang sudah ada tawaran dari beberapa klub lain," kata Haruna, Kamis (19/12/2019).

Keputusan Madura United untuk mempertahankan Alfath cukup beralasan. Pemain jebolan Diklat Persib ini telah merupakan talenta muda yang sangat dibutuhkan. Alfath dikenal sebagai pemain yang piawai bermain di berbagai posisi, mulai bek kiri, bek kanan, hingga penyerang sayap.

Apalagi, klub asal Pulau Garam itu bisa dibilang berperan penting untuk karier Alfath. Setelah membela Persib U-21 di TSC 2016, Alfath gabung Persiba Balikpapan di Liga 1 2017. Namun, tim Beruang Madu terdegradasi.

Madura United lantas memberikan penawaran kontrak terhadapnya. Pemain berusia 24 tahun itu merapat ke klub kebanggaan masyarakat Madura tersebut sejak awal musim 2018. Lewat Madura United pula, Alfath menembus Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

2 dari 2 halaman

Mencari Pengalaman Baru

Di musim pertamanya pada 2018, Alfath tampil dalam 16 laga tanpa mencetak gol. Dia menyumbang satu gol untuk Timnas Indonesia saat tampil di Piala AFF 2018. Musim ini dilewatinya lebih baik, dengan membukukan dua gol dari 26 penampilan.

"Alfath sebenarnya aset berharga untuk Madura United. Dia pemain muda yang sangat berpotensi. Sayang, dia sudah membuat keputusan. Bagi kami itu adalah keputusannya sebagai pemain profesional. Kami menghargai itu," imbuh Haruna.

Alfath mengaku sebenarnya ingin bertahan di Madura United. Tetapi, ada hal lain yang membuatnya ingin pergi.

"Saya ingin mencari pengalaman baru di klub lain. Selama dua tahun di Madura United, saya sudah mendapat banyak pelajaran penting. Banyak pemain senior yang membantu saya. Tapi, pengalaman baru itu yang ingin saya dapatkan," ucapnya.

Hanya, Alfath masih enggan buka suara terkait klub-klub yang telah menggodanya. Bola.com mendapat informasi bahwa sejumlah klub Liga 1 dikabarkan berminat menggunakan jasanya musim depan.

Video Populer

Foto Populer