Aji Santoso Akui Persebaya Sulit Mengalahkan Badak Lampung

Oleh Aditya Wany pada 21 Des 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 21 Des 2019, 21:00 WIB
Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya menang 2-1 atas Badak Lampung FC pada laga pekan ke-34 Shopee Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (21/12/2019). Sepasang gol Persebaya dicetak David da Silva. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya hampir saja dipermalukan Badak Lampung pada pekan terakhir Shopee Liga 1 2019. Tim Bajul Ijo sempat tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya menang 2-1 (0-0) di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (21/12/2019).

Gol Badak Lampung dicetak Aulia Hidayat pada menit ke-58. Persebaya lantas membalikkan kedudukan lewat dua gol yang diborong striker David da Silva pada menit ke-70 dan ke-85.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menilai timnya bermain buruk pada babak pertama. Dia tidak melihat gaya permainan khas Tim Bajul Ijo. Pada paruh pertama, Persebaya Surabaya memang kesulitan menembus pertahanan Badak Lampung.

Dia lantas mekakukan perubahan penting pada paruh kedua. Rendi Irwan dan Ruben Sanadi masuk menggantikan Diogo Campos dan Alwi Slamat.

Rachmat Irianto yang memulai laga sebagai bek kiri diminta bermain sebagai gelandang menemani Aryn Williams. Hasilnya, sudah terlihat Persebaya bermain lebih agresif.

"Perubahan komposisi itu berdampak pada tim. Saya mendorong Rian (Rachmat Irianto) lebih ke tengah. Selama 25 menit terakhir, kami berhasil menguasai pertandingan dan mencetak dua gol balasan," kata Aji.

 

2 dari 4 halaman

Perpanjang Catatan Tak Terkalahkan

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya menang 2-1 atas Badak Lampung FC pada laga pekan ke-34 Shopee Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (21/12/2019). Sepasang gol Persebaya dicetak David da Silva. (Bola.com/Aditya Wany)

Hasil ini melengkapi catatan tak terkalahkan Persebaya menjadi sembilan laga beruntun. Ditambah, Persebaya juga membukukan enam laga dengan kemenangan secara berturut-turut.

Berbagai tim telah ditundukkan Persebaya. Sebut saja PSM Makassar, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Persija Jakarta. Semua tim itu memiliki materi pemain yang berkualitas.

Namun, laga melawan Badak Lampung dianggap Aji Santoso sebagai yang tersulit di antara semuanya. Padahal, Laskar Saburai adalah klub papan bawah yang sudah dipastikan terdegradasi ke Liga 2 2020.

"Saya sudah sampaikan dalam pertemuan dengan pemain. Laga ini bukan soal taktik atau teknis. Ini soal mental pemain. Terbukti, kami sempat kesulitan. Saya anggap pertandingan tersulit yang harus kami hadapi," imbuh Aji.

3 dari 4 halaman

Berpeluang Finis di Posisi Kedua

David da Silva - Persebaya Vs Badak Lampung
Penyerang Persebaya, David da Silva mencoba melewati kiper Badak Lampung, Dikri Yusron, pada pertandingan pekan ke-34 Liga 1 2019, Sabtu (21/12/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Untuk sementara, Persebaya menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 54 poin. Mereka bisa memastikan posisi itu jika Persipura (51 poin) gagal mengalahkan Borneo FC (50 poin), Minggu (22/12/2019).

"Apapun itu, anak-anak sudah bermain baik dan mendapat tiga poin. Jujur saja semua di tim sangat senang dengan hasil ini. Saya yakin masyarakat Surabaya dan Bonek juga bangga," tutur pelatih asli Malang tersebut.

4 dari 4 halaman

Video:

Lanjutkan Membaca ↓
Ingat 12 Hari Lagi Shopee Liga 1 Dimulai! Jangan Lewatkan Laga-Laga Seru Bali United