Wawancara Hariono: Sempat Emosional, Kini Legawa Berpisah dengan Persib

Oleh Erwin Snaz pada 23 Des 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 18:30 WIB
Wawancara Eksklusif - Hariono
Wawancara Eksklusif - Hariono (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Hariono akhirnya melepas emblem Persib Bandung dari karier sepak bolanya. Hariono berpisah dengan Persib setelah kontraknya tak diperpanjang.

Faktor usia menjadi alasan pelatih Persib, Robert Alberts, tidak memperpanjang kontrak Hariono.

Pemain yang sudah 11 musim memperkuat Persib ini menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekanya di tim, manajemen, dan tim pelatih yang pernah berjuang bersama.

Hariono merasa kecewa karena keinginan untuk pensiun di Persib tidak bisa terwujud. "Sehingga izinkan saya untuk mundur dari Persib Bandung. Saya mengalah, biar saya yang mengalah. Apalah arti sebuah nama di punggung demi lambang di dada. Sekali lagi terima kasih," cetus Hariono.

Lalu, apa rencana Hariono ke depan? Berikut petikan wawancara bersama Hariono di Graha Persib, Bandung, Senin (23/12/2019).

Bagaimana perasaan Anda setelah diputuskan tidak diperpanjang kontrak?

Sedih juga, ya. Kaget karena saya punya harapan pensiun di Persib beberapa tahun lagi, tapi bagaimana lagi pelatih tidak menginginkan saya. Jadi saya mengalah saja.

Kapan anda mendapat kabar tidak diperpanjang kontrak?

Saya dikasih tahu dia (Robert Alberts) saat Persib masih sisa dua pertandingan. Tetapi saat itu saya diam saja, tidak bicara kemana-mana. Saya hanya bicara dengan keluarga.

Akhirnya, pelatih bicara ke media dan semua orang jadi tahu, saya cukup diam saja. Memang keputusannya tidak bisa diganggu gugat. Jadi pada pertandingan terakhir mau tidak mau saya harus pamit dari Persib.

Bagaimana reaksi keluarga?

Keluarga sudah saya beri tahu, mau tidak mau harus terima, ini keputusan dari coach. Ya, Alhamdulillah sudah bisa sedikit lebih menerima. Saya menahan kabar itu sejak tanggal 14 dan 22 Desember kemarin puncaknya.

Apa rencana ke depan setelah tidak di Persib?

Rencananya saya mau pulang dulu, kumpul sama keluarga, liburan, saya minta doanya saja semoga ke depan bisa dapat tim.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada Klub

Perpisahan Hariono dengan Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/2019).
Perpisahan Hariono dengan Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/2019). (Bola.com/Abdi Satria).

Sudah ada klub yang berminat? Berapa klub?

Alhamdulillah sudah ada, doakan saja. Pokoknya ada beberapa klub dari Liga 1 dan Liga 2 tapi saya belum tahu jodohnya di mana. Soal klubnya saya tidak bisa sebutin dulu.

Apa yang paling berkesan selama berkarir di Persib?

Kemarin sore mungkin. Iya itu satu laga paling berkesan. Ya situasi yang berat, yang harus saya hadapi dari (11 musim).

Ada kompensasi dari manajemen?

H: Belum tahu. Tapi Pak Glen Sugita (Dirut PT PBB) mau memberi kenang-kenangan. Mau memberi sesuatu. Mudah-mudahan sedikit bisa mengobati hehe..

Kabarnya manajemen menyebutkan Anda bisa kembali ke Persib dan pensiun di Persib?

Iya benar Pak Teddy Tjahjono (Direktur PT PBB) bilang seperti itu ke saya. Kalau ada jodohnya dan rezekinya di sini mungkin Insya Allah ingin balik lagi ke sini dan ingin pensiun di sini.

Kapan rencana pensiun?

Belum memikirkan pensiun, anak masih kecil. Jadi terus main saja, selagi saya masih kuat. Doakan saja. Terima kasih juga atas dukungan semua yang ada di sini.

Lanjutkan Membaca ↓