5 Pemain Muda Terbaik Shopee Liga 1 2019 Versi Bola.com

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 24 Des 2019, 08:15 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 08:15 WIB
Trivia 5 Pemain Muda Terbaik Versi Bola.com
Trivia 5 Pemain Muda Terbaik Versi Bola.com (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 telah berakhir dengan keluarnya Bali United sebagai juara. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang berlangsung panjang itu memunculkan begitu banyak momen dan kejutan. Tak terkecuali dengan penampilan cemerlang sejumlah pemain muda.

Kebijakan penggunaan pemain muda yang dimulai sejak edisi pertama Liga 1, yaitu pada musim 2017, telah menimbulkan kebiasaan baru di antara klub peserta hingga saat ini. Pemain muda menjadi rekrutan menarik bagi klub sebagai investasi masa depan, baik di level klub maupun Timnas Indonesia.

Sejak 2017, muncul bibit-bibit muda yang menjadi rising star di kompetisi Indonesia dan menjadi andalan di klub dan Timnas Indonesia. Sebut saja Evan Dimas Darmono, Rezaldi Hehanussa, Febri Hariyadi, dan Hansamu Yama Pranata.

Kini di Liga 1 2019 pun hadir begitu banyak pemain muda yang menjadi andalan klub, di mana rata-rata para pemain yang lahir dari Liga 1 U-19 2017, telah menjelma sebagai rising star di level senior sebagai pemain muda yang memiliki masa depan cerah.

Kali ini Bola.com memilih 5 pemain muda yang tampil cemerlang bersama klubnya masing-masing di sepanjang musim Liga 1 2019.

2 dari 6 halaman

Todd Rivaldo Ferre

Bhayangkara FC Vs Persipura Jayapura
Gelandang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo, berlari saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/11). Bhayangkara menang 2-0 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pemain muda Persipura Jayapura ini merupakan contoh pemain muda yang lahir dari Liga 1 U-19. Bertubuh mungil dan memiliki sejumlah keunggulan, seperti kecepatan dan dribel yang luar biasa.

Todd Rivaldo Ferre mendapatkan kesempatan bertanding hingga 29 laga, di mana 11 di antaranya menjadi starter. Enam gol dan lima assist menjadi sumbangan Rivaldo Ferre untuk Mutiara Hitam yang sempat terseok di awal musim dan naik ke papan atas di klasemen akhir.

Bahkan gol-gol yang dicetak oleh Todd Rivaldo Ferre terbilang mampu membantu Persipura selamat dari kekalahan, minimal menjadi hasil imbang, atau bahkan meraih kemenangan.

Hal tersebut mungkin menjadi alasan bagi Technical Study Group (TSG) PT Liga Indonesia Baru menjadikannya pemain muda terbaik Liga 1 2019.

3 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam Bahar

Piala AFC 2019: PSM Makassar Vs Becamex Binh Duong
Bek PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, saat melawan Becamex Binh Duong pada laga semifinal Zona ASEAN Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). PSM menang 2-1 atas Becamex Binh Duong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Asnawi Mangkualam merupakan pemain muda yang cemerlang bersama PSM Makassar dan Timnas Indonesia U-23.

Awalnya pemain ini dikenal sebagai seorang gelandang, tapi sejak memperkuat Timnas Indonesia U-19 sebagai bek kanan, Asnawi memperlihatkan potensi besar bersana PSM maupun Tim Garuda Muda.

Sebagai pemain muda, Asnawi Mangkualam cukup mendapatkan banyak menit bermain dari sang pelatih, Darije Kalezic. Ia mendapatkan 1.526 menit bertanding yang didapatkannya dalam 18 laga di Liga 1 2019.

Satu gol dan dua assist dicetaknya bersama PSM Makassar. Kecemerlangan itu membuatnya menjadi langganan Timnas Indonesia U-22.

4 dari 6 halaman

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)
Rachmat Irianto, bek Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Putra legenda Persebaya Surabaya, Sugiantoro, ini menjadi pemain muda yang cemerlang sejak menjadi langganan Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri. Rachmat Irianto mendapatkan 17 penampilan bersama Persebaya pada musim ini, di mana sebagian besar absen karena memperkuat Timnas Indonesia U-19 atau U-22.

Bahkan Rian, panggilan karibnya, yang sebenarnya bermain sebagai bek tengah, kini mulai sering bermain sebagai gelandang bertahan. Bukti putra Sugiantoro ini mampu bermain di berbagai posisi.

Tak hanya itu, Aji Santoso sang pelatih melihat potensi besar dalam sosoknya. Dalam laga kontra Persija Jakarta di pekan ke-33 Liga 1 2019, Rachmat Irianto pun digeser menjadi seorang bek kiri dan menjadi kapten tim. Ia pun mampu menjalaninya dengan sangat baik.

5 dari 6 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu, Madura United
Gelandang muda Madura United, Syahrian Abimanyu. (Bola.com/Aditya Wany)

Syahrian Abimanyu merupakan pemain muda yang mulai cemerlang bersama Madura United. Harus memulai musim 2019 dengan kenyataan pahit mengalami cedera sejak tahun lalu, putra dari pelatih Madura United, Rasiman, tersebut mampu bangkit untuk menembus tim utama Laskar Sape Kerap.

Meski ada nada-nada sumbang mengenai adanya hubungan ayah dan anak di Madura United, Syahrian Abimanyu mampu membungkam suara tersebut lewat penampilan apik di lapangan hijau.

Dalam 17 penampilannya bersama Madura United, Syahrian Abimanyu mampu bermain apik di lini tengah tim bersama Zulfiandi. Bahkan dua assist yang dibuatnya dalam Liga 1 2019 sangat cantik, lewat umpan terobosan yang sangat apik dari tengah hingga ke depan.

Penampilan apik tersebut membuatnya kerap menjadi langganan di Timnas Indonesia, termasuk di Timnas Indonesia U-22 yang baru saja tampil di SEA Games 2019 Filipina.

6 dari 6 halaman

Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata
Kiper Muda Borneo FC, Nadeo Argawinata. (Bola.com/Aditya Wany)

Borneo FC memang merupakan tim yang bisa dibilang sukses mencetak kiper muda. Setelah tahun lalu memberikan kesempatan yang sama antara Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata di Liga 1 2018, pada musim ini klub berjulukan Pesut Etam itu memberikan hal yang sama dengan Nadeo dan Gianluca Pandenuwu.

Nadeo Argawinata pun mendapatkan kesempatan dalam 19 laga Borneo FC di Liga 1 2019. Penampilan cemerlangnya terbilang mampu membuat tim asuhan Mario Gomez itu finis di papan atas Liga 1 2019, prestasi yang terbilang baru bagi klub asal Samarinda tersebut.

Bahkan penampilan cemerlangnya di Liga 1 2019 membuat pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, tak ragu untuk membawanya ke SEA Games 2019 dan menjadikannya kiper utama.

Lanjutkan Membaca ↓