3 Momen Sportivitas di Shopee Liga 1 2019

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 25 Des 2019, 07:15 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 07:15 WIB
Momen Fair Play di Liga 1
Momen Fair Play di Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 resmi berakhir pada Minggu (22/12/2019). Bali United keluar sebagai juara, kemudian Persebaya Surabaya di posisi kedua. Penghargaan individu pun telah diberikan kepada mereka yang layak untuk mendapatkannya.

Selain Bali United yang menjadi juara Liga 1 2019, sang pelatih Stefano Cugurra Teco menjadi pelatih terbaik di kompetisi musim ini. Keberhasilan pelatih asal Brasil itu membawa Bali United menjadi juara.

Sementara, untuk pemain terbaik Liga 1 2019, playmaker Borneo FC, Renan Silva, terpilih sebagai yang terbaik. Pemain muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre, pun terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2019.

Sebagai pencetak gol terbanyak, Marko Simic yang mengemas 28 gol jelas mendapatkan sepatu emas karena prestasinya di Liga 1 2019. Namun, gol terbaik Liga 1 2019 menjadi milik striker Persebaya Surabaya, David da Silva.

Tira Persikabo yang merasakan pasang surut di Liga 1 2019, mulai dari menjadi pemuncak klasemen di putaran pertama hingga harus menjalani 15 pertandingan tanpa kemenangan di putaran kedua, mendapatkan predikat sebagai tim fair play Liga 1 2019.

Dari 34 pertandingan, Tira Persikabo hanya mengumpulkan 61 kartu kuning tanpa kartu merah. Berikut Bola.com merangkum tiga momen aksi sportivitas sepanjang musim:

2 dari 4 halaman

Banner Kita Bersaudara

Persib Tahan Imbang Persija di GBK
Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, berebut bola dengan pemain Persib Bandung laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Persija dan Persib bermain imbang. (bola.com/Yoppy Renato)

Skuat Persija Jakarta dan Persib Bandung kompak membentangkan banner "#KITABERSAUDARA" sebelum pertemuan pertama keduanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 10 Juli 2019.

Banner tersebut bertujuan untuk mengajak kelompok suporter kedua kesebelasan menyadari bahwa rivalitas yang selama ini dijaga telah kebablasan.

"Pesan saya kepada The Jakmania dan Bobotoh, bersatulah demi bangsa. Demi kami semua Indonesia," ujar kapten Persib, Supardi kala itu.

3 dari 4 halaman

Pesan dari Arema FC

Arema FC vs Persib Bandung
Kedua tim, Arema dan Persib, foto bersama dengan tagar Kita Bersaudara di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (30/7/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Banner "#KITABERSAUDARA" juga mampir di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 30 Juli lalu ketika Arema FC menghadapi Persib Bandung. Pesan itu juga ditujukukan kepada hubungan kedua kelompok suporter tim, Aremania dan Bobotoh yang kurang akur.

Banner tersebut kembali dipamerkan saat Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada pertandingan bertajuk derbi Jawa Timur di stadion yang sama pada 15 Agustus 2019. Lagi-lagi, penyebabnya adalah permusuhan kedua suporter antara Aremania dengan Bonek.

4 dari 4 halaman

Kado Ulang Tahun dari Persipura untuk Persija

Persija Unggul Atas Persipura di Hari Ulang Tahun ke-91
Pemain tengah Persija, Joan Tomas Campasol (ketiga kiri) bersama Sandi Darma Sute merayakan kemenangan atas Persipura pada lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Persija unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tepat pada 28 November 2019, Persija Jakarta merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-91 yang digelar di SUGBK sekaligus menjamu Persipura Jayapura. Sebelum sepak mula, tim tamu diwakili oleh Boaz Solossa memberikan kue dengan lilin di atasnya kepada tuan rumah.

Pada pertandingan itu, Persija berhasil menandai HUT ke-91 dengan manis. Kemenangan 1-0 atas Persipura membuat puluhan ribu The Jakmania puas.

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia