Makna Natal bagi Pemain Muda PSIS

Oleh Vincentius Atmaja pada 25 Des 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 17:16 WIB
Andreas Chrismanto Ado

Bola.com, Jakarta - Natal menjadi saat yang cukup dinantikan oleh pemain muda PSIS Semarang, Andreas Chrismanto Ado. Ia tengah menikmati libur panjang kompetisi dengan pulang ke kampung halamannya, di Jakarta sekaligus merayakan Natal.

Pemain berusia 23 tahun ini pulang ke Jakarta setelah melakoni partai terakhir PSIS musim 2019, melawan Bhayangkara FC di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (21/12/2019). Andreas tampil di babak kedua menggantikan Komarodin.

Sayangnya dalam pertandingan tersebut, Mahesa Jenar harus mengakui kekalahan dari Bhayangkara FC 2-3. Andreas yang tampil 24 menit, cukup bersyukur bisa menjadi kado istimewa di pengujung kompetisi, yakni bisa punya caps untuk timnya.

Selesainya kompetisi Shopee Liga 1 2019 hampir bersamaan libur panjang Natal dan tahun baru. Menjadi satu diantara moment yang ditunggunya untuk ikut merayakan hari kelahiran Yesus Kristus.

"Saya langsung pulang ke rumah di Jakarta setelah laga terakhir kemarin. Jadi ada waktu tiga hari untuk mempersiapkan natal. Senang bisa kumpul bersama keluarga sebelum hari natal tiba," beber Andreas Chrismanto, Selasa (24/12/2019).

Mantan pemain Persiwa Wamena tersebut memaknai arti natal yakni tentang pengorbanan. Andreas mengaku akan lebih ingat kepada Tuhan.

"Bagi saya, makna Natal Tahun ini bagi saya yaitu tentang pengorbanan. Yesus rela berkorban dengan datang ke dunia untuk menebus dosa umat. Sedangkan saya seringkali melewatkan waktu untuk Tuhan. Kedepannya saya ingin semakin dekat dengan Tuhan," tutur Andreas Chrismanto.

"Berkumpul dengan keluarga besar juga menjadi hal yang membuat saya rindukan setiap natal. Tradisi tentu ada, setelah ke gereja, kita semua berkumpul dan bersantap makanan khas keluarga besar," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Tetap Sibuk dengan Sepak Bola

Meski sedang menikmati libur cukup panjang, sepak bola tetap menjadi aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan. Andreas menegaskan tetap menjaga kebugaran meski kompetisi sedang libur.

"Setelah Natal saya akan kembali melakukan latihan ringan. Bagaimanapun juga saya tidak bisa terlalu lama meninggalkan aktivitas itu. Mungkin dengan main futsal dan sepak bola sama teman-teman," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓