Belum Resmi Pimpin Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sudah Lempar Psywar ke Vietnam

Oleh Hesti Puji Lestari pada 26 Des 2019, 08:50 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 08:50 WIB
Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Pos pelatih Timnas Indonesia yang sudah lama kosong akan segera terisi. PSSI memastikan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, bakal duduk di kursi kepelatihan Tim Garuda menggantikan Simon McMenemy.

Pelatih berusia 50 tahun itu akan menandatangani kontrak pada Kamis (26/12/2019). Sejak tiga bulan terakhir, rumor Shin hendak menukangi Tim Garuda sudah jadi bahan perbincangan pencinta sepak bola Tanah Air.

Bola.com menemukan fata baru tentang calon pelatih Timnas Indonesia itu.

Melansir dari Zing, Kamis (26/12/2019), belum resmi menangani Timnas Indonesia, Shin sudah menebar psywar alias perang urat syaraf kepada pelatih Timnas Vietnam yang juga rekan senegaranya, Park Hang-seo. Shin mengaku tak ingin kalah dari prestasi Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam U-22.

"Terima kasih atas kesuksesan pelatih Park Hang-seo di Asia Tenggara. Peluang bagus juga datang kepada saya. Saya juga ingin bisa merengkuh banyak kesuksesan, sehingga di masa mendatang pelatih Korea Selatan bisa datang ke Asia Tenggara lagi," kata Shin. 

"Tentunya saya tidak ingin kalah dari Park Han-seo," ujar Shin Tae-yong. 

Komentar Shin Tae-yong itu bukan hal aneh. Belakangan ini, namanya sering dibanding-bandingkan dengan Park Hang-seo yang sukses mengantar Timnas Vietnam U-22 menjadi kampiun cabang sepak bola SEA Games 2019. Timnas Vietnam juga tampil mengesankan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. 

 

2 dari 2 halaman

Sempat Diragukan

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Legenda sepak bola Indonesia, Supriyono Prima, sempat meragukan kemampuan Shin Tae-yong. Menurut pesepak bola yang tenar pada era 1990-an itu, Shin tak bisa disejajarkan dengan Park Hang-seo dalam segi apapun.

"Tidak mungkin membandingkan Park Hang-seo dengan Shin Tae-yong. Shin bukan pelatih khusus," tambahnya.

Kabarnya, Shin Tae-yong bakal rangkap jabatan di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Seperti dilansir situs dongA, Tae Yong akan melatih tiga level Timnas Indonesia sekaligus.

Selain skuat senior, mantan juru taktik Timnas Korea Selatan itu juga diproyeksikan sebagai pelatih kelompok usia U-22 dan U-20.

"Saya akan berangkat ke Indonesia pada 26 Desember 2019 dan menandatangani kontrak. Tidak mungkin ada perubahan," ujar Tae Yong dinukil dari dongA.

Sumber: Zing, DongA

Lanjutkan Membaca ↓