Menpora Dukung PSSI Tunjuk Shin Tae-yong Menangani Timnas Indonesia

Oleh Aditya Wany pada 29 Des 2019, 22:30 WIB
Diperbarui 29 Des 2019, 22:30 WIB
Kemenpora  Gelar Raker Perdana Bersama Komisi X DPR
Menpora, Zainuddin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Senayan, Kamis (7/11/2019). Rapat kerja membahas rencana program prioritas di Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 2020 serta pertimbangan naturalisasi atlet (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bola.com, Surabaya - Menpora Zainuddin Amali mendukung langkah PSSI mempekerjakan Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu secara resmi menangani Timnas Indonesia setelah dikenalkan di Bogor pada Sabtu (28/12/2019).

Zainuddin tidak akan ikut campur perihal keputusan internal PSSI. Menurutnya, pemerintah juga telah memberikan dukungan terkait penunjukkan pelatih untuk Tim Merah Putih.

“Kami mendukungnya, karena menyangkut teknis kami tidak boleh ikut campur. Tapi, pemerintah memberikan dukungan kepada keputusan federasi siapapun yang ditunjuk,” ujar Zainuddin.

Publik sepak bola nasional menaruh harapan besar kepada Shin Tae-yong yang juga akan menangani Timnas Indonesia U-20. Dia akan membawa tim tersebut yang tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Kemenpora berharap Shin Tae-yong mampu membawa perubahan penting terhadap Timnas Indonesia. Seperti diketahui, skuat Garuda meraih hasil memalukan dan selalu kalah dalam lima laga putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

"Dia dipilih sebagai pelatih tentu harus membawa prestasi dan optimisme. Pelatih yang ditunjuk PSSI harus memberikan rasa optimisme bagi persepakbolaan kita," imbuh Zainuddin mengenai pelatih Timnas Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Berpengalaman

Shin Tae-yong
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Saat ini, Timnas Indonesia dalam kondisi yang sangat mengenaskan dan berujung dipecatnya pelatih Simon McMenemy. Mereka tercatat berada di peringkat ke-173 ranking FIFA.

Shin Tae-yong sendiri merupakan sosok yang sarat pengalaman. Dia mempersembahkan banyak gelar juara, baik semasa masih berkarier sebagai pemain maupun pelatih.

Terakhir, dia menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia. Dalam ajang itu, dia membawa tim tersebut mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 2-0.

Lanjutkan Membaca ↓
Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020