Giliran Pelatih Timnas Vietnam Lempar Psywar ke Shin Tae-yong

Oleh Yus Mei Sawitri pada 31 Des 2019, 08:25 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 08:25 WIB
Park Hang-seo

Bola.com, Jakarta - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, telah resmi memulai kiprah sebagai arsitek Timnas Indonesia setelah diperkenalkan ke publik oleh PSSI pada Sabtu (28/12/2019). Tak menunggu lama, pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, sudah melemparkan psywar alias perang urat syaraf kepada juniornya tersebut. 

Shin Tae-yong kini menjadi pelatih kedua asal Korsel yang menangani tim Asia Tenggara. Park lebih dulu menancapkan kukunya di Asia Tenggara dengan menangani Timnas Vietnam. 

Sejauh ini kiprah Park sangat menjanjikan. Perlahan tapi pasti dia mengubah Vietnam menjadi kekuatan baru di Asia Tenggara. Bukti terbaru adalah Park membawa Timnas Vietnam U-22 menyabet medali emas cabang sepak bola SEA Games 2019. 

Sebelum resmi meneken kontrak dengan Timnas Indonesia, Shin bahkan lebih dulu melempar psywar ke Park. Dia mengatakan tak mau kalah dengan kiprah Park di Vietnam. 

Gayung bersambut. Park juga punya misi serupa. Dia mengaku tak mau mengalah begitu saja kepada juniornya ketika Timnas Indonesia berjibaku melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kedua tim akan bertemu pada 4 Juni 2020. 

"Kedatangan Shin Tae-yong akan memotivasi saya untuk berusaha memberikan yang terbaik," kata Park, seperti dilansir Zing.vn, Selasa (31/12/2019). 

"Saya secara personal respek terhadap junior saya. Tapi saya tidak akan mengalah begitu saja karena pertandingan nanti sarat kehormatan dan kebanggaan," imbuh Park Hang-seo kepada Shin Tae-yong

 

 

2 dari 2 halaman

Jadi Tantangan

Shin Tae-yong
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Park Hang-seo mengaku senang dengan kehadiran Shin Tae-yong di kancah sepak bola Asia Tenggara. Dia mengatakan akan semakin senang jika kian banyak pelatih asal Korea Selatan yang mengadu skill di Asia Tenggara. 

"Sekarang di Korea banyak pelatih muda, berpengalaman, dan punyaa kemampuan. Jika memungkinkan, saya ingin mereka datang ke sini (Asia Tenggara) dan membawa tantangan bagi saya," kata Park. 

Park Hang-seo sudah dua tahun menangani Timnas Vietnam. Dalam tempo singkat, namanya sudah menjadi buah bibir karena rangkaian prestasi yang ditorehkan Vietnam. 

Bahkan, Shin Tae-yong pernah mengatakan kiprah Park di Vietnam menjadi salah satu alasannya menerima tantangan menangani Timnas Indonesia. 

"Terima kasih atas kesuksesan pelatih Park Hang-seo di Asia Tenggara. Peluang bagus juga datang kepada saya. Saya juga ingin bisa merengkuh banyak kesuksesan, sehingga di masa mendatang pelatih Korea Selatan bisa datang ke Asia Tenggara lagi," kata Shin. 

"Tentunya saya tidak ingin kalah dari Park Han-seo," ujar Shin Tae-yong. 

Sumber: Zing.vn

Lanjutkan Membaca ↓