Sukses


Penjelasan Mengenai Jabatan Manajer Pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI dan Shin Tae-yong telah sepakat bekerja sama selama empat tahun ke depan. Arsitek asal Korea Selatan itu akan mengemban tugas sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia.

Jabatan manajer pelatih adalah peran yang terbilang baru di Indonesia. Nantinya, Shin Tae-yong akan menjadi supervisi untuk Timnas Indonesia senior, U-22, U-20, dan U-16.

Supervisi adalah orang yang bertugas sebagai pengawas utama atau pengontrol tertinggi dalam sebuah pekerjaan. Shin Tae-yong ingin jabatan tersebut karena tertarik membenahi sepak bola Indonesia.

Kendati begitu, yang menjadi prioritas Shin Tae-yong adalah Timnas Indonesia senior dan U-20 yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Rencananya, setiap timnas kelompok usia meliputi senior, U-22, U-20, dan U-16 memiliki pelatih kepala tersendiri yang di bawah pimpinan Shin Tae-yong. Khusus timnas U-16, pelatih kepalanya adalah Bima Sakti Tukiman.

"Nanti pada 6 Januari 2020 akan kami sampaikan bagaimana strukturnya. Kira-kira gambarannya itu dulu," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.

2 dari 2 halaman

Mengurus Teknis dan Non-Teknis

Kata Tisha, Shin Tae-yong adalah karakter pelatih yang sangat detail. Arsitek berusia 50 tahun itu disebutkan ingin mengetahui semua kegiatan timnas kelompok usia, termasuk U-16 yang telah dipimpin oleh Bima Sakti.

"Shin Tae-yong punya ide besarnya. Dia memikirkan taktikal di lapangan dan menjabarkannya kepada pelatih-pelatih agar mereka menerapkan dan mengaplikasikannya. Kemudian, Shin Tae-yong meminta setiap pelatih di kelompok umur memberikan laporan. Tak hanya laporan di lapangan, tapi juga di luar lapangan," jelas Tisha.

"Shin Tae-yong sudah memberi gambaran kerjanya nanti. Bukan cuma teknis, tapi juga mau ada laporan kecil, seperti laundry sampai makanan," imbuhnya.

Pada pertemuan 6 Januari 2020 dengan PSSI, Shin Tae-yong akan memutuskan siapa yang akan menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia senior, U-22, dan U-20. Saat ini, dirinya telah membawa tiga asisten meliputi Kim Hae-won sebagai pelatih kiper, Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik, dan Gong Oh-kyun sebagai anggota staf pelatih.

Video Populer

Foto Populer