Sukses


3 Pesepak Bola Keturunan Afrika di Liga 1 yang Bikin Heboh Suporter Awal 2020

Bola.com, Jakarta - Sejumlah klub Liga 1 tengah mempersiapkan diri menyongsong kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia musim 2020. Beberapa klub bahkan mulai mendatangkan pemain baru agar bisa tampil apik musim ini.

Persebaya Surabaya misalnya. Klub berjuluk Bajul Ijo itu baru saja memperkenalkan pemain barunya yakni Patrich Wanggai pada Selasa (7/1/2020) siang.

Perkenalan tersebut dilakukan manajemen Persebaya melalui akun media sosialnya. Tak butuh waktu lama untuk Wanggai memulai adaptasi dengan klub barunya.

Sesaat setelah diresmikan sebagai rekrutan anyar, pemain berdarah Papua itu langsung ikut latihan bersama skuat Aji Santoso di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Keputusan Persebaya mendatangkan mantan pemain Kalteng Putra itu cukup menyita atensi suporter.

Beragam komentar pro-kontra dilontarkan fans melalui media sosial. Namun bukan hanya perekrutan Patrich Wanggai yang menghebohkan pemberitaan Tanah Air pada awal 2020 ini.

Manuver sejumlah pemain keturunan Afrika pun turut jadi sorotan yang tak kalah menarik. Bola.com telah merangkum tiga pemain keturunan Afrika yang sempat bikin heboh suporter Tanah Air pada awal 2020.

Siapa saja mereka? Berikut perinciannya.

2 dari 4 halaman

1. Makan Konate

Makan Konate menjadi pemain yang bikin heboh pencinta sepak bola Tanah Air, khususnya Aremania pada awal 2020. Pemain kebangsaan Mali tersebut memutuskan hengkang dari klub berjuluk Singo Edan.

Keputusan diambil setelah tidak adanya titik temu antara manajemen Arema dengan Makan Konate. Gelandang berusia 28 tahun itu dikabarkan meminta kenaikkan gaji mencapai 50 persen.

Jelas manajemen Arema FC keberatan dengan permintaan Makan Konate tersebut. Nilai gaji tersebut melebihi anggaran yang dimiliki Arema. Hengkangnya Makan Konate dari Arema membawa kekecewaan tersendiri bagi suporter klub asal Jawa Timur tersebut.

Sejumlah suporter bahkan melontarkan kekecewaannya di media sosial. Hal tersebut bisa dimaklumi. Konate tampil cukup baik bersam Arema. Ia bahkan berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Presiden 2019 untuk Arema.

"Sayang sekali Arema melepas Konate." tulis salah seorang fan.

3 dari 4 halaman

2. Victor Igbonefo

Pemain keturunan Nigeria, Victor Igbonefo, juga sempat menghebohkan pemberitaan Tanah Air pada awal 2020. Bek berusia 34 tahun itu bakal kembali merumput bersama Persib pada 9 Januari 2020.

Victor Igbonefo bukanlah sosok asing bagi bobotoh. Pemain naturasisasi itu pernah menjadi bagian dari tim Pangeran Biru pada musim 2018. Namun pada musim 2019, Victor memperkuat klub Thailand, PTT Rayong.

Kedatangan kembali Victor Igbonefo ke Persib juga sempat membuat bobotoh heboh. Bagaimana tidak, Victor Igbonefo membuat stok pemain bertahan Persib melimpah.

Selain Victor Igbonefo, adapula Fabiano Beltrame, Nick Kuippers, Achmad Jupriyanto, dan bek muda Indra Mustafa yang bakal bersaing untuk mendapat tempat sebagai starter. Sejumlah suporter menyebut kondisi itu bisa memicu masalah internal di Persib.

Selain itu, fans juga mempertanyakan komitmen regenerasi yang diusung Persib. "Katanya mau regenerasi, tapi malah beli pemain tua," komentar akun @wito_karyono.

4 dari 4 halaman

3. Ezechiel N'Douassel

Ezechiel N'Douassel menjadi salah satu pemain keturunan Afrika yang turut menghebohkan pemberitaan Tanah Air. Pemain keturunan Chad tersebut memutuskan mundur dari Persib Bandung pada awal 2020.

Keputusan tersebut cukup mengagetkan bobotoh. Kontrak Ezechiel N'Douassel bersama Pangeran Biru masih tersisa semusim lagi.

Kisah tentang Ezechiel N'Douassel tak berhenti sampai di situ. Sampai saat ini belum ada klub yang diisukan dekat dengan pemain berusia 31 tahun tersebut.

Terbaru, suporter fanatik Arema, Sukarno alias Cak No, mendukung tim kesayangannya untuk merekrut eks Persib Bandung tersebut. Rumor merapatkan Eze ke Arema itu juga menjadi bahsan yang menarik. Selama ini fans tak pernah menghendaki eks Persib Bandung merapat ke klub kesayangannya.

“Tidak masalah mantan pemain Persib gabung Arema. Sepanjang mereka bisa menunjukkan kualitasnya. Kami akan tetap mendukung mereka dari tribun kalau sudah berbaju Arema,” kata Cak No beberapa waktu lalu.

Video Populer

Foto Populer