Fakhri Husaini Resmi Tak Kembali Tangani Timnas Indonesia U-19, Berikut Beragam Respons Supoter

Oleh Yus Mei Sawitri pada 10 Jan 2020, 16:40 WIB
Diperbarui 10 Jan 2020, 17:18 WIB
Fakhri Husaini, Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Kebersamaan Fakhri Husaini bersama Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan tidak berlanjut. PSSI sudah resmi menunjuk pria asal Korea Selatan, Gong Oh-kyun untuk menangani Timnas Indonesia U-19. 

Artinya, Gong menggantikan posisi Fakhri Husaini, yang sebelumnya menolak tawaran PSSI untuk menjadi asisten Shin Tae-yong.  Kedua belah pihak tidak lagi terikat kontrak setelah masa kerja Fakhri tuntas pada pengujung tahun lalu.

Gong Oh-kyun merupakan staf yang khusus dibawa oleh Shin Tae-yong. Kedua sosok tersebut juga pernah menjadi bagian Timnas Korea Selatan.

PSSI telah menetapkan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia untuk semua level, termasuk U-22, U-20, dan U-16. Sebelumnya, Fakhri adalah pelatih timnas U-19, yang nantinya diproyeksikan naik level menjadi U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021.

Peran manajer pelatih Shin Tae-yong dapat diartikan sebagai supervisi. Artinya, setiap kelompok timnas masih memiliki pelatih kepala beserta asistennya, kecuali timnas U-16. Pelatih kepalanya masih Bima Sakti Tukiman. Namun, Shin Tae-yong tetap punya kewenangan penuh terhadap semua level timnas.

Tidak berlanjutnya peran Fakhri Husaini sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 disayangkan sejumlah suporter. Apalagi, berkat Fakhri Husaini juga Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala AFC U-19 2020. 

Namun, Fakhri Husaini tidak bisa meneruskan misi yang telah dimulainya. Timnas Indonesia U-19 akan berjuang bersama Gong Oh-kyun di putaran final Piala AFC U-19 2020. 

Bagaimana respons suporter setelah Fakhri Husaini resmi tak lagi menangani Timnas Indonesia U-19? Berikut ini beberapa di antaranya. 

 

2 dari 10 halaman

1. Memahami yang Dirasakan Fakhri Husaini

3 dari 10 halaman

2. Lebih Baik Goh Oh-kyun Jadi Asisten Coach Fakhri

4 dari 10 halaman

3. Serasa Ada yang Kurang karena Tidak Ada Coach Fakhri

5 dari 10 halaman

4. Seperti Habis Manis Sepah Dibuang

6 dari 10 halaman

5. Kenapa Coach Fakhri Tidak Diperpanjang?

7 dari 10 halaman

6. Agak Menyayangkan Keputusan Fakhri Husaini

8 dari 10 halaman

7. Rasanya Sulit

9 dari 10 halaman

8. PSSI Harusnya Beri Kesempatan Lagi ke Coach Fakhri

10 dari 10 halaman

Komentar Lain

Berbagai reaksi suporter lainnya juga dicurahkan di kolom komentar beberapa unggahan PSSI di akun Instagram. Berikut ini beberapa di antaranya. 

"Kenapa tidak mempertahankan Coach Fakhri yang sudah terbukti membangun tim dengan cukup baik?" kata akun @bagusekapnb_

"Coach Fakhri Husaini mana?" tulis pemilik akun @icepmaulanamh30. 

"Coach Fakhri mana? Jangan lupakan jasa dia. Kalau mau yang orang Korea asistennya, pelatih kepalanya tetap Fakhri," tulis pemilik akun @irfanlukmanul. 

"Balikin Coach Fakhri untuk Timnas Indonesia U-19," tulis akun @wildan_bp27. 

"Coach Fakhri bagaimana PSSI?" tanya @ramabutarbutar29. 

Lanjutkan Membaca ↓