Sukses


Stefano Cugurra Tak Bisa Dampingi Bali United di Liga Champions Asia

Bola.com, Gianyar - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, dipastikan tak akan membimbing timnya ketika menjalani pertandingan di Liga Champions Asia 2020. Pelatih asal Brasil tersebut terkendala masalah administratif terkait lisensi kepelatihan.

Bali United akan menghadapi Tampines Rovers dalam pertandingan penyisihan pertama wilayah timur Liga Champions Asia 2020 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1/2020). Namun, jelang pertandingan tersebut, Bali United memutuskan menunjuk Emral Abus sebagai pelatih kepala Serdadu Tridatu di kompetisi Asia tersebut.

"Ya untuk kompetisi Asian Champions League tahun ini, Coach Emral Abus akan menjabat sebagai pelatih kepala Bali United," ujar CEO Bali United, Yabes Tanuri, seperti dilansir dari situs resmi klub.

"Ada sedikit persoalan dari lisensi kepelatihan Coach Teco yang membuat secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. Jadi kami putuskan untuk mendaftarkan Coach Emral Abus sebagai pelatih kepala," lanjutnya.

Persoalan administrasi yang dimaksud adalah level lisensi kepelatihan yang dimiliki oleh Stefano Cugurra atau yang karib disapa Teco. Untuk tampil di Liga Champions Asia, para pelatih harus memiliki lisensi setingkat AFC Pro. Sementara untuk Teco yang berhasil membawa Bali United menjuarai Liga 1 2019, diketahui hanya memiliki lisensi setara A AFC yang memang menjadi persyaratan di Liga 1.

 

2 dari 2 halaman

Tidak Mengganggu Program

Pergantian sosok pelatih di menit-menit akhir jelang pertandingan penyisihan Liga Champions Asia tentu mengejutkan. Namun, Bali United optimistis pergantian tersebut tidak akan memberikan dampak besar. Yabes Tanuri menegaskan persiapan teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab Teco.

"Coach Emral Abus sudah bergabung bersama Bali United di Singapura pada Minggu. Walau begitu, secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab Coach Teco. Kami merasa secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan oleh Caoch Teco selama ini," ujar Yabes Tanuri.

Permasalahan seperti ini bukan pertama kalinya terjadi ketika tim Indonesia bertanding di kompetisi Asia. Emral Abus yang juga merupakan instruktur AFC di Indonesia pernah menjabat sebagai pelatih kepala Persib Bandung saat berkiprah di Piala AFC 2015.

 

Video Populer

Foto Populer