Sukses


Wasit Laga Persebaya Vs Persis Gunakan Action Cam, Begini Reaksi Warganet

Bola.com, Jakarta Pertandingan persahabatan bertajuk Forever Game antara Persebaya Surabaya versus Persis Solo  berakhir, Sabtu (11/1/2020). Dalam laga yang dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo itu Persebaya menang telak dengan skor 4-0.

Keempat gol Persebaya masing-masing dicatatkan Hansamu Yama (29'), Patrich Wanggai (72'), Alwi Slamat (75') dan Osvaldo Haay pada menit ke-82. Pertandingan berlangsung dua hari yang lalu, namun keseruannya masih terasa hingga saat ini.

Satu di antara yang masih mencuri perhatian ialah pemakaian action cam di bagian dada wasit pemimipin laga tersebut, Tabrani. Hasil gambar dalam action cam tersebut baru-baru ini diunggah Persebaya Surabaya di akun Instagram resminya.

Dalam postingan Persebaya Surabaya tersebut tampak jelas dan detail apa saja yang dilakukan pemain, termasuk memperlihatkan bola yang ditempatkan pemain belakang Persebaya, Hansamu Yama di titik penalti.

Video tersebut juga diunggah Persebaya di akun Youtubenya dengan judul 'Referee Cam | Menyaksikan Persebaya Forever Game Dari Sudut Pandang Wasit'.

Apa yang dilakukan panitia pelaksana (panpel) Persebaya tentunya sebagai terobosan baru apabila ada keputusan yang diperdebatkan saat laga berlangsung. Selain itu, pemakaian action cam di dada wasit bisa sebagai alternatif penggunaan Video Assistant Referee (VAR) yang masih dalam wacana dan angan-angan di sepak bola Indonesia.

Biaya yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 juga tidak terlalu banyak jika wasit memakain action cam saat memimpin pertandingan.

Baragam reaksi datang setelah wasit yang memimpin laga Persebaya Surabaya kontra Persis memakai action cam. Tak sedikit yang memberikan apresiasi dan mendukung pemakaian teknologi ala panpel Persebaya tersebut.

2 dari 9 halaman

1. Orang-orang di Persebaya Pikirannya Selangkah Lebih Maju

3 dari 9 halaman

2. Terapkan di Liga 1 Biar Enggak Ada Insiden Pemukulan Wasit

4 dari 9 halaman

3. Meminimalisir Pemain yang Suka Memaki dan Mendorong Wasit

5 dari 9 halaman

4. Konsepnya Keren

6 dari 9 halaman

5. Kamera dari Sudut Wasit

7 dari 9 halaman

6. Terobosan Unik

8 dari 9 halaman

7. Konsep Unik

9 dari 9 halaman

Komentar di akun Instagram

Komentar positif juga menghiasi unggahan di akun Instagram, berikut ini di antaranya.

"Classss 👏🏼👏🏼👏," tulis kiper Madura United, Muhammad Ridho.

"MaSyaa Allah syuppeerr😍😍💚💚🐊🐊," tulis @karinarahma

"Suangarrrrr eh," tulis @natasya.dy

"VAR model baru," ujar akun @m_hadiofficial.

"Keren bgt konsepnya🔥 salam dari thejak🔥," tulis @azizilyasss

"Masokkk...pelopor teknology joll...liyane lak podo melok" engkok,salamsatunyaliwani!!🐊🐊🐊," tulis @davidalcatraz88

"Operator liga??? LEWATTT jolll 😂😂😂," tulis @sa.phil

Video Populer

Foto Populer