Sukses


Mulai Bisa Bahasa Indonesia, Shin Tae-yong Mengaku Suka Nasi Goreng

Bola.com, Jakarta - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah lima hari berada di Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu sudah mulai fasih menggunakan bahasa Indonesia serta mengaku suka nasi goreng.

Kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia ditunjukkan ketika menyapa awak media yang datang ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Shin Tae-yong hadir guna untuk memantau seleksi pembentukan Timnas Indonesia U-19.

"Selamat sore," kata Shin Tae-yong sembari tersenyum ke arah awak media.

Aksi pamer hafal kata juga diperlihatkan Shin Tae-yong ketika berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menanyakan kendala Shin Tae-yong kepada penerjemah ketika menyampaikan instruksi. Shin Tae-yong mengaku tidak ada masalah karena dibantu penerjemah dan sepak bola menggunakan bahasa universal. 

"Tidak ada masalah. Saya juga sudah mulai belajar sedikit bahasa Indonesia. Hai, apa, siapa, ke mana, kapan," ucap Shin Tae-yong, yang disambut tawa Iwan Bule.

"Bagus-bagus. Harus lebih lancar lagi nanti," ujar Iwan Bule.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Kendala Cuaca dan Makanan

Sementara itu, selama berada di Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak punya kendala cuaca dan makanan. Bahkan, pelatih berusia 50 tahun itu sudah hafal nama satu di antara makanan favorit di Indonesia.

"Untuk cuaca tidak ada masalah. Begitu juga dengan makanan yang tidak berbeda jauh dengan di Korea Selatan. Saya sudah mencobanya seperti nasi goreng," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong rencananya akan terus memantau seleksi pembentukan skuat Timnas Indonesia U-19. Proses seleksi itu akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, sampai Jumat (17/1/2020).

Video Populer

Foto Populer