Kalahkan Tampines Rovers, Bali United Melaju ke Babak Eliminasi Kedua Liga Champions Asia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 14 Jan 2020, 21:14 WIB
Diperbarui 14 Jan 2020, 21:44 WIB
Tampines Rovers Vs Bali United

Bola.com, Jakarta - Bali United berhasil melaju ke babak eliminasi kedua Liga Champions Asia (LCA) 2020. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini sukses memenangi pertarungan sengit atas Tampines Rovers 5-3 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1/2020).

Bali United memulai pertandingan dengan meyakinkan. Tim berjulukan Serdadu Tridatu itu telah unggul pada menit ke-8 melalui Melvin Platje.

Berawal dari salah operan pemain Tampines, Platje merebut bola lalu mengarahkan ke tiang jauh kiper lawan. Mohamed Zulfairuuz yang terlanjur meninggalkan gawangnya tidak mampu menghalau tendangan tersebut.

Platje benar-benar menjadi mimpi buruk lini pertahanan Tampines. Pemain berusia 31 tahun ini berhasil menggandakan keunggulan Bali United pada menit ke-13. Memanfaatkan umpan manis Stefano Lilipaly, Platje melancarkan tendangan voli yang gagal diantisipasi oleh Zulfairuuz.

Tampines tidak ingin menanggung malu di kandang. Tim dengan sebutan lain The Stags ini memperkecil ketertinggalan pada dua menit sebelum turun minum.

Adalah Boris Kopitovic, yang berhasil menggetarkan gawang Bali United setelah melewati adangan Leonard Tupamahu. Gol dari striker asal Montenegro itu memicu kebangkitan Tampines.

Delapan menit babak kedua berjalan, Tampines sukses menyamakan kedudukan. Sepakan keras Jordan Webb setelah lolos dari perangkap offside tidak mampu dibendung oleh kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Petaka bagi Bali United datang pada menit ke-88. Pergerakan Kopitovic di dalam kotak penalti gagal dihalau oleh Andhik Wijaya. Alhasil, ia mampu mengirimkan umpan mendatar ke depan gawang Serdadu Tridatu.

Kemelut tersebut berbuah fatal. Maksud hati ingin membuang bola, tendangan Rahmat yang baru masuk di babak kedua malah masuk ke gawang sendiri. Bali United berbalik tertinggal 2-3.

Bali United sempat mencetak gol penyama keadaan pada menit ke-80. Namun, gol Rahmat dianulir karena ia dianggap telah dalam posisi offside.

Hanya berselang dua menit, Rahmat kembali menggetarkan gawang Tampines dan wasit menilai gol tersebut sah. Bali United menyamakan kedudukan menjadi 3-3 menyisakan delapan menit waktu normal.

Hingga waktu normal selesai, skor tidak berubah. Laga Tampines kontra Bali United terpaksa diselesaikan melalui babak tambahan.

2 of 3

Babak Tambahan Waktu

Bek Bali United, Leonard Tupamahu, mengontrol bola saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)
Bek Bali United, Leonard Tupamahu, mengontrol bola saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pada babak perpanjangan waktu, Bali United berhasil kembali unggul 4-3 melalui Stefano Lilipaly pada menit ke-110. Umpan Paulo Sergio mampu dituntaskan pemain naturalisasi ini dengan baik.

Perlawanan Tampines berakhir pada menit ke-114 setelah pemain pengganti, Sidik Saimima mencetak gol kelima Bali United. Sampai pertandingan babak tambahan tuntas, Serdadu Tridatu berhasil mempertahankan keunggulan 5-3.

Atas kemenangan ini, Bali United berhak melaju ke babak eliminasi kedua LCA. Serdadu Tridatu akan menantang Melbourne Victory di Stadion AAMI Park, Melbourne, pada pertandingan satu leg, 21 Januari 2020.

3 of 3

Susunan Pemain

Piala Presiden 2019 : Bali United Vs Mitra Kukar
Striker Bali United, Ilija Spasojevic, tersenyum saat melawan Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tampines Rovers (4-3-3): Mohamed Zulfairuuz (k); Daniel Bennett, Amirul Adli, Huzaifah Aziz, Nur Muhammad Shah (d); Kyoga Nakamura, Zehrudin Mehmedovic, Madhu Mohana (t); Irwan Shah, Jordan Webb, Boris Kopitovic (d)

Pelatih: Kadir Yahaya

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Made Andhika, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Yabes Roni, Stefano Lilipaly, Melvin Platje (d)

Pelatih: Emral Abus

Lanjutkan Membaca ↓