Skuat Belum Lengkap, Persebaya Genjot Fisik Pemain di TC Yogyakarta

Oleh Aditya Wany pada 17 Jan 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 05:00 WIB
Persebaya Surabaya

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya memulai pemusatan latihan di Stadion UNY, Sleman, Yogyakarta, Kamis (16/1/2020). Pada pagi hari, para pemain menjalani tes fisik VO2Max.

“Tadi pagi kami tes VO2Max dan tes maksimal angkatan. Tapi, di sini kami tidak hanya menyiapkan fisik saja. Semuanya perlu dimatangkan seperti teknik, taktik, mental, dan fisik kami,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya.

Aji menyebut banyak pemainnya yang belum mencapai kondisi bugar 100 persen dalam hari pertama TC. Terdapat beberapa pemain yang baru selesai berlibur dan perlu memulai kembali beradaptasi dengan suasana latihan.

“Memang semua pemain tidak dalam kondisi 100 persen karena baru latihan. Saya yakin TC ini akan membuat kondisi mereka seratus persen,” imbuh pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Berdasarkan pengamatan Bola.com di lapangan, Rachmat Irianto dkk. mendapat porsi latihan teknik pada sore hari di tempat yang sama,. Ada beberapa sesi yang disuguhkan oleh Aji Santoso kepada para pemain Persebaya. Satu di antaranya latihan penyelesaian akhir.

Semua pemain dari berbagai posisi wajib mengikutinya. Dari sini terlihat siapa saja yang memiliki kemampuan tembakan yang baik. Lalu, pemain Persebaya mendapat porsi rondo dalam sebuah kotak berukuran 3x3 meter.

Latihan ini ditutup dengan sebuah gim, di mana para pemain Persebaya Surabaya dibagi menjadi dua tim. Secara perlahan, Aji menanamkan gaya permainan umpan pendek dan praktik situasi pertandingan.

2 dari 3 halaman

Masih Menunggu Pemain Datang

Aryn Williams (Persebaya Surabaya)
Aryn Williams, gelandang Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Sayang, beberapa pemain terpaksa absen dalam latihan perdana Persebaya Surabaya. Penyerang sayap Oktafianus Fernando masih dalam penyembuhan cedera. Duo pemain asing, David da Silva dan Aryn Williams, sedang berada di negara asalnya.

“Sebenarnya kami ingin membawa semua pemain, tapi ada beberapa pemain yang belum hadir seperti David dan Aryn. Untuk Aryn, kabarnya dia merapat ke Yogyakarta tanggal 20. Semoga lebih cepat agar lebih lengkap. Ini saat yang penting untuk persiapan,” tutup Aji.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓