Sukses


Pemain Asia Debutan yang Siap Ramaikan Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Manuver transfer klub-klub Liga 1 2020 terus ramai hingga memasuki pekan ketiga Januari 2020. Sejumlah klub tak cuma mendaratkan pemain lokal saja, tapi juga legiun asing yang diharapkan mampu memberikan efek positif.

Regulasi empat pemain asing dengan ketentuan wajib satu pemain Asia membuat tim-tim Liga 1 lebih aware dalam mencari pesepak bola dari regional Asia. Secara kualitas, pemain asing Asia juga dinilai tak kalah dibandingkan dengan pemain asing non-Asia.

Tak jarang, tim-tim Liga 1 bisa mengontrak pemain asing Asia yang bermain untuk negaranya. Persija Jakarta misalnya, memiliki Rohit Chand yang dalam beberapa kesempatan ditarik oleh Timnas Nepal di laga internasional.

Musim lalu, beberapa nama seperti Brwa Nouri (Irak) sukses mencuri perhatian publik bersama Bali United. Lalu di Persela Lamongan ada Kei Hiroshe, gelandang asal Jepang yang selalu diturunkan dalam 34 pertandingan selama satu musim.

Faktor lain yang membuat klub Liga 1 tertarik memiliki pemain asing Asia adalah soal adaptasi iklim dan kultur sepak bola Asia. Pemain yang berasal dari Asia dinilai lebih mudah menyesuaikan tubuhnya pada iklim tropis.

Berikut ini Bola.com memilih lima pemain asing Asia yang akan menjalani debutnya di Liga 1 2020.

Video

2 dari 6 halaman

Tamirlan Kozubaev

Pemain asing Persita Tangerang, Tamirlan Kozubaev, telah merasakan suasana berlatih bersama Pendekar Cisadane di Stadion Sport Centre, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/1/2020). Pemain impor yang akan menjalani musim debut di Indonesia itu mengaku masih membutuhkan adaptasi karena perbedaan suhu udara yang sangat ekstrem dengan negara asalnya.

Tamirlan Kozubaev merupakan pemain asing asal Kirgistan yang baru saja direkrut oleh Persita Tangerang. Kozubaev telah menandatangani kontrak berdurasi satu tahun, Rabu (15/1/2020).

Pemain asal Kirgistan itu sebenarnya tidak terlalu asing dengan suhu udara di Indonesia, mengingat pemain berusia 25 tahun itu memperkuat PKNS di Malaysia pada musim lalu. Namun, karena perbedaan yang cukup ekstrem dengan Kirgistan, Kozubaev mengaku masih membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi.

"Saya merasa baik-baik saja. Namun, memang masih sedikit kesulitan karena di negara saya cuacanya sangat dingin, sementara di sini sangat panas. Jadi mungkin saya butuh waktu antara 5 hingga 7 hari untuk menyesuaikan diri dan setelah itu saya yakin baik-baik saja," ujar Tamirlan Kozubaev seperti dalam rilis yang diterima Bola.com, Kamis (16/1/2020).

Tamirlan Kozubaev merupakan satu dari tiga pemain asing yang sudah resmi berseragam Persita Tangerang untuk musim kompetisi 2020. Selain Kozubaev, dua pemain asing lain yang direkrut Persita Tangerang adalah Mateo Bustos dari Argentina dan Eldar Hasanovic  dari Bosnia Herzegovina.

3 dari 6 halaman

Lee Won-jae

Lee Won-jae adalah bek berkebangsaan Korea Selatan yang musim lalu memperkuat Nakhon Ratchasima Mazda FC di Thai League 1 atau kompetisi kasta teratas Liga Thailand.

Lee Won-jae menggantikan Anderson Salles yang kontraknya tidak diperpanjang oleh Bhayangkara FC. 

Yang menarik, pemain impor Bhayangkara FC menumpuk di tengah. Selain Herve Guy, The Guardian punya Lee Yoo-joon dan Bruno Matos. Untungnya, nama terakhir bisa berperan sebagai penyerang.

4 dari 6 halaman

Mahmoud Eid

Gelandang berpaspor Palestina, Mahmoud Eid, menjadi rekrutan anyar dan dikenalkan dalam latihan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin sore (6/1/2020).

"Mahmoud melakukan 20 jam perjalanan kemarin, cukup melelahkan. Ini tadi dia medical check-up. Kasihan kalau saya paksakan latihan, tidak bagus juga. Mungkin besok baru bisa bergabung latihan," kata Aji Santoso.

Pemain satu ini bakal menjadi sorotan menarik. Mahmoud merupakan pemain kelahiran Swedia dan musim lalu membela klub kasta tertinggi negara itu, Kalmar.

Mahmoud bakal menemani gelandang Aryn Williams (Australia) dan striker David da Silva (Brasil) mengisi slot pemain asing Persebaya Surabaya.

5 dari 6 halaman

Artyom Filiposyan

Artyom Filiposyan merupakan bek tengah asal Uzbekistan yang bermain untuk Persikabo pada Liga 1 2020. Ia datang ke Persikabo bersama dengan pemain asing lainnya, Pettery Pennanen.

Filiposyan dan Pennanen, bersama pelatih Igor Kriuschenko, berinteraksi dengan masyarakat Bogor, mengunjungi stadion, dan mencicipi kuliner Indonesia. Ini merupakan program manajemen untuk pemain asing agar mereka bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Manajer SDM Tira Persikabo, Esti Puji Lestari mengatakan, pengenalan budaya di mana klub berada pada pemain asing sangat penting agar mereka tidak merasa asing di tempat barunya.

"Perusahaan besar di dunia harus memiliki program orientasi untuk belajar tentang budaya. Namanya cultur training. Di sini penting karena mereka akan menghadapi budaya Indonesia agar mereka lebih produktif," kata Esti.

"Mereka juga ingin mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Indonesia. Kita ini di Indonesia diajarkan sopan santun, respek kepada orang tua, tidak boleh angkat kaki ke meja. Itu hal yang orang luar negeri belum mengetahui," tambahnya.

Cara yang unik untuk mengenalkan Indonesia kepada debutan.

6 dari 6 halaman

Yashir Armando Pinto Islame

Barito Putra mendapatkan servis winger berusia 28 tahun yang lahir di Chile, namun memiliki paspor Palestina. Meski baru pertama kali bermain di Indonesia, Yashir Islame berpengalaman bermain di Asia, yakni Malaysia.

Yashir Islame tercatat dua kali membela tim Malaysia. Pertama, ia bermain untuk Perak pada 2017 silam sebanyak 19 kali dengan mencetak enam gol.

Kesempatan kedua ia dapatkan bersama PKNP musim lalu. Kini, ia akan berjibaku bersama Barito Putera di pentas Liga 1 2020.

Video Populer

Foto Populer