Sukses


Prediksi Lalenok United Vs PSM: Ujian Perdana Bojan Hodak

Bola.com, Gianyar - Bojan Hodak langsung menghadapi ujian berat pada laga perdana sebagai pelatih PSM Makassar. Bojan wajib membawa timnya melewati adangan Lalenok United, pada leg pertama playoff Piala AFC 2020 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (22/1/2020).

Sejatinya ini target yang wajar buat PSM yang musim lalu menembus semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019. Apalagi, secara teknis dan pengalaman, materi pemain PSM sedikit di atas Lalenok United.

Masalahnya adalah durasi persiapan PSM menghadapi Lalenok hanya 10 hari selepas libur Liga 1 yang berakhir pada 22 Desember 2019. Hodak mengakui level kebugaran pemainnya belum mencapai standar yang diinginkan.

Selain itu, mantan juru taktik Timnas Malaysia U-19 tersebut harus berpacu dengan waktu, dalam memberikan pemahaman kepada pemain terkait taktik dan strateginya untuk PSM Makassar.

Apalagi, Tim Juku Eja banyak mendatangkan pemain baru untuk mengganti nama-nama yang hengkang ke klub lain pada awal musim ini.

"Saya berharap seluruh pemain beradaptasi dengan cepat. Butuh kerja keras dan kebersamaan seluruh elemen tim untuk melangkah ke babak selanjutnya," ujar Hodak.

Menghadapi Lalenok, lini belakang dan depan PSM mengalami perubahan signifikan pada formasi starternya. Di lini belakang, tidak ada lagi Beny Wahyudi, Aaron Evans, Taufik Hidayat, dan kiper Rivki Mokodompit yang sudah hengkang ke klub lain.

Hodak juga tidak bisa memainkan dua pilar yang bertahan, yakni Asnawi Mangkualam dan Abdul Rahman karena kendala kebugaran. Begitu pun di lini depan. PSM tak lagi memakai jasa Amido Balde, Zulham Zamrun, dan M. Rahmat.

Ironisnya, Ezra Walian tak bisa didaftar karena kendala status kewarganegaraan. Meski menghadapi situasi sulit, Hodak tetap yakin dengan kemampuan skuatnya.

"Secara teknis dan pengalaman, PSM lebih unggul dibandingkan Lalenok. Artinya, kalau tampil normal, PSM bisa melewati adangan Lalenok," tegas Hodak.

Setelah dijamu Lalenok, PSM Makassar mendapat giliran menjadi tuan rumah pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (29/1/2020).

 

Video

2 dari 3 halaman

Bertekad Kalahkan PSM

Di sisi lain, Lalenok United yang merupakan juara LFA Primeira Timor Leste 2019 tersebut bertekad untuk mengalahkan PSM Makassar. Kemenangan bakal menjaga kans Lalenok untuk bisa melenggang ke fase grup Piala AFC 2020.

Andai mampu melewati hadangan PSM, Lalenok United akan Grup H bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Filipina), dan Shan United (Myanmar).

Untuk menghadapi PSM, pelatih Lalenok, Yance Matmey, memboyong 25 pemain. Tiga pemain asing klub berjulukan The Lobsters, yakni Filipi Santos, Matheus Silva, dan Italo akan menjadi andalan untuk mengalahkan Tim Juku Eja.

"Tapi, kami akan tampil dengan determinasi dan motivasi tinggi. Seluruh pemain sadar, mereka bukan hanya menbawa nama klub tapi juga sepak bola Timor Leste," ujar Yance pada sesi jumpa media di Gianyar, Selasa (21/1/2020).

"Ada dua sampai tiga pemain PSM yang memiliki skill diatas rata-rata. Saya tidak usah sebut namanya. Yang pasti mereka akan mendapat perhatian khusus," papar Yance.

3 dari 3 halaman

Prakiraan susunan pemain:

Lalenok United (4-4-2): Agbozo Nathaniel; Filipi Santos, Francisco da Costa, Florencio Pereira, Mariano Aparicio; Matheus Silva, Gaspar Amaral, Alarcio da Costa, Iner Sontany Putra; Italo, Jonas Savio.

Pelatih: Yance Matmey

PSM Makassar (4-4-2): Miswar Saputra; Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Hussein El Dor, Leo Guntara; Bayu Gatra, Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Irsyad Maulana; Giancarlo Rodrigues, Ferdinand Sinaga.

Pelatih: Bojan Hodak

Prediksi Bola.com:

Lalenok United 40 - 60 PSM Makassar

Video Populer

Foto Populer