5 Pemain Bintang yang Jadi Rebutan Klub-klub Kontestan Liga 1 2020

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 23 Jan 2020, 13:25 WIB
Diperbarui 23 Jan 2020, 13:25 WIB
Laga Kandang Terakhir, Persija Dipermalukan Persebaya

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer Liga 1 2020 masih berjalan. Beberapa klub mampu mengamankan tanda tangan pemain incarannya, tapi ada pula yang sebaliknya.

Sejauh ini kurang lebih ada lima transfer yang bisa dibilang mengejutkan dari sejumlah kontestan Liga 1 2020.

Transfer-tranfer yang mengejutkan tersebut ialah Evan Dimas ke Persija Jakarta, Makan Konate ke Persebaya Surabaya, Nadeo Argawinata ke Bali United, Sylvano Comvalius ke Persipura Jayapura, dan terbaru Ezechiel Ndouassel ke Bhayangkara FC.

Dengan sisa waktu yang ada, bukan tidak mungkin masih ada transfer kejutan lain. Masih ada beberapa pemain yang belum memutuskan pelabuhan barunya.

Tak hanya pemain asing saja, tapi juga pemain lokal. Bahkan para pemain tersebut diperebutkan beberapa klub kontestan Liga 1 2020.

Berikut ini Bola.com merangkum dari berbagai sumber, pemain yang masih menjadi rebutan klub Liga 1 2020.

 

2 dari 6 halaman

1. Andik Vermansyah

Madura United vs Bhayangkara FC
Pemain depan Madura United FC, Andik Vermansyah (tengah) mencoba melewati hadangan gelandang Bhayangkara FC, Arif Setiawan pada lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (5/8/2019). Laga kedua tim berakhir imbang 1-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Andik Vermansyah memutuskan untuk tak berseragam Madura United lagi musim depan. Namun, hingga saat ini belum ada klub yang mengumumkan Andik sebagai rekrutan barunya.

Beberapa klub dikaitkan dengan Andik ialah Bali United, PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya. Nama terakhir menjadi yang paling diharapkan Bonek Mania karena Andik merupakan putra daerah.

Namun, Andik beberapa waktu yang lalu pernah kedapatan tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali. Namun, hingga kini Bali United juga tak mengumumkan Andik sebagai pemain anyar.

Terbaru, agen Andik Vermansyah, Muly Munial, menyebut eks pemain Selangor FA itu akan bergabung dengan klub yang jarang bikin video.

Video yang dimaksud ialah video perkenalan pemain. Tentunya patut ditunggu, destinasi Andik Versmansyah selanjutnya.

3 dari 6 halaman

2. Saddil Ramdani

Timnas Indonesia U-19, Korea Selatan U-19, Kualifikasi Piala Asia U-19
Gelandang Indonesia U-19, Saddil Ramdani, melepaskan tendangan ke gawang Korea Selatan (Korsel) pada kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Stadion Paju, Sabtu (4/11/2017). Korsel menang 4-0 atas Indonesia. (AFP/Kim Doo-Ho)

Saddil Ramdani belum menentukan klub barunya setelah meninggalkan klub asal Malaysia, Pahang FA. Beberapa klub dikaitkan dengan kepindahan sang pemain.

Pada November 2019, Saddil dikabarkan akan berlabuh ke Persija Jakarta. Namun, rumor tersebut langsung disanggah Ferry Paulus.

Kemudian belum lama ini, eks pemain Persela Lamongan itu dikabarkan akan memperkuat klub Indonesia, Persib Bandung. Lantaran Saddil Ramdani kedapatan sedang berada di Bandung.

Selain dua klub tersebut, tiga tim asal Belgia, Zulte Waregem, Sint-Truidense dan Club Brugge dikabarkan berminat mendatangkan Saddil Ramdani. Namun, hingga kini Saddil belum menentukan pelabuhan barunya.

4 dari 6 halaman

3. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay (Persebaya)
Pemain Persebaya, Osvaldo Haay, setelah mencetak gol ke gawang Persis di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/1/2020). (Bola.com/Aditya Wany)

Masa depan Osvaldo Haay bersama Persebaya Surabaya menjadi tanda tanya sejak akhir kompetisi 2019. Apalagi setelah eks pemain Persipura itu mangkir latihan pramusim.

Kondisi tersebut langsung membuat beberapa kontestan Liga 1 2020 kepincut. Apalagi Osvaldo merupakan pemain muda yang berbakat dan potensial.

Satu di antara klub yang berminat ialah Persija Jakarta. Kabar tersebut diakui Dewan Pembina Persija, Ardhi Tjahjoko.

"Lihat nanti saja. Saya belum tahu secara pasti. Kalau mendekati Osvaldo Haay iya. Akan tetapi, terkait dealnya saya belum tahu," kata Ardhi.

"Yang menginginkan Osvaldo pasti banyak. Namun, semuanya tergantung Osvaldo," tambahnya.

Tidak menutup kemungkinan Osvaldo akan kembali ke klub lamanya, Persipura Jayapura pada Liga 1 2020.

5 dari 6 halaman

4. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan
Striker Bali United, Irfan Bachdim, bertukar jersey dengan gelandang Persib Bandung, Kim Kurniawan usai laga uji coba di Stadion GBLA Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/4/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Mantan pemain Persema Malang, Irfan Bachdim, kabarnya tak diperpanjang kontraknya oleh Bali United. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak tampilnya Irfan saat klub berjuluk Serdadu Tridatu berlaga.

Irfan tak masuk skuat Bali United saat menghadapi Tampines Rovers pada babak kualifikasi Liga Champions Asia beberapa waktu lalu. Bahkan, manajemen Bali United kabarnya menawarkan Irfan ke Madura United dan Persib Bandung.

Selain dua klub tersebut, Persikabo kabarnya tengah intens mendekati Irfan pada bursa transfer ini. Namun, Irfan belum memastikan kemana akan berlabuh. Tentunya patut ditunggu.

6 dari 6 halaman

5. Bruno Matos

Tira Persikabo vs Bhayangkara FC
Gelandang Bhayangkara FC, Bruno Matos, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (19/10). Bhayangkara menang 2-0 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Masa depan Bruno Matos setelah pergi dari Bhayangkara FC belum jelas. Bhayangkara FC sudah melengkapi kuota pemain asingnya setelah Ezechiel Ndouassel dan Renan Silva bergabung.

Hingga kini, eks pemain Persija Jakarta itu belum menyebutkan klub mana yang akan jadi pelabuhannya. Namun, ada dua klub yang tengah dikaitkan dengan Bruno Matos.

Kedua klub tersebut ialah Persib Bandung dan Barito Putera. Saat ini, Persib baru mempunyai dua pemain asing setelah melepas Ezechiel Ndouassel, yakni Omid Nazari dan Nick Kuippers.

Sebenarnya di Maung Bandung sudah dua pemain asing asal Brasil, Wander Luiz dan Joel Vinicius, tapi status keduanya masih trial dan belum tentu dipermanenkan.

Sementara Barito masih mempunyai satu slot pemain asing untuk mengarungi Liga 1 2020.

Lanjutkan Membaca ↓
From Tokyo to New York, Cerita Dua Pegiat Lari Indonesia di Seri Maraton Dunia