Pelatih Persebaya Menaruh Harapan pada Hambali Tolib

Oleh Aditya Wany pada 24 Jan 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2020, 07:15 WIB
Hambali Tolib, Persebaya Surabaya

Bola.com, Jakarta Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memiliki harapan untuk rekrutan anyar timnya, Hambali Tolib. Aji sudah sangat paham dengan kualitas gelandang berusia 19 tahun itu karena pernah bekerja sama di Persela Lamongan musim lalu.

Latar belakang itu yang membuat Aji merekrut Hambali. Tak hanya itu saja, pemain kelahiran Makassar itu pernah mendapat kesempatan menjalani trial bersama klub Kroasia, Lokomotiva Zagreb. Itu sudah cukup untuk membuktikan kualitasnya.

"Hambali merupakan salah satu pemain muda yang sangat potensial, terbukti dia juga pernah melakukan trial di Eropa. Kemarin ketika di Persela bersama-sama saya juga penampilannya luar biasa," kata Aji Santoso.

Hambali langsung bergabung dengan agenda Persebaya yang melakoni pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta. Dia baru tiba pada Selasa malam (21/1/2020) dan mulai berlatih pada Rabu dan Kamis.

Saat masih bersama Persela, Hambali membukukan 12 penampilan dan satu gol. Dia terpaksa banyak absen karena mendapat panggilan dari Timnas Indonesia U-22. Selain itu, lebih dari sebulan di Kroasia juga membuatnya jarang bertanding.

Di Persebaya, pemain berpostur 166 cm itu harus bersaing dengan sembilan pemain yang yang juga berposisi sebagai gelandang. Sebut saja Rendi Irwan, Makan Konate, Zulfikar Akhmad, Kemaluddin, dll.

Hambali juga bisa dimainkan sebagai penyerang sayap. Posisi ini juga memiliki banyak pemain berkualitas lainnya. Di antaranya adalah Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Mahmoud Eid, Bayu Nugroho, dll.

"Justru sekarang dia berkumpul dengan materi-materi pemain yang banyak pengalaman dan kualitas bagus. Saya sangat yakin Hambali bisa sukses di Persebaya," tutur pelatih berusia 49 tahun tersebut.

2 of 3

Siap Buktikan Kelasnya

Pria 19 tahun ini berharap Bonek dan Bonita dapat menerima serta mendukung kehadirannya di Bajol Ijo.
Hambali Tolib (Sumber: Instagram/@officialpersebaya)

Hambali merasa sangat senang kembali bergabung dengan klub arahan Aji Santoso. Sebab, pelatih asal Malang itu yang membawanya ke Persebaya. Musim lalu, dia menjadi pemain Persela yang ditangani oleh Aji.

“Saya bersyukur dan senang bisa kembali bekerja bersama Coach Aji. Yang terpenting harus membalas kepercayaannya, beliau selama ini dikenal percaya kepada pemain muda,” ucap pemain berusia 19 tahun tersebut.

“Saya datang ke Persebaya yang merupakan klub besar, pasti memiliki target tinggi. Jadi saya dan tim akan berusaha membawa Persebaya juara,” tutur Hambali, yang sempat menjalani trial di klub Kroasia, NK Lokomotiva Zagreb itu.

Mantan pemain Sriwijaya FC U-19 itu merasa terkesan bisa bergabung dengan Persebaya. Baginya, klub berjulukan Bajul Ijo memiliki jumlah suporter dengan jumlah besa, yaitu Bonek, yang bisa menambah suntikan motivasi pemain.

“Bagi saya, keberadaan Bonek tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya pertama lihat Bonek memenuhi Stadion GBT, saat Persela uji coba melawan Persebaya Surabaya. Saya takjub sekali. Saya bersama rekan-rekan akan membalasnya dengan penampilan di lapangan,” ucapnya.

3 of 3

Video

Lanjutkan Membaca ↓