Sukses


Kondisi Kebugaran Timnas Indonesia U-19 Masih Merisaukan

Jakarta - Manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong belum puas dengan fisik anak-asuhnya yang mengikuti pemusatan latihan di Thailand. Hal itu dikatakan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto.

"Pelatih Shin melihat kondisi fisik pemain masih di bawah harapannya," ujar Nova ketika dihubungi pewarta dari Jakarta, Kamis malam.

Nova melanjutkan, situasi tersebut membuat Shin terus fokus membenahi kualitas fisik para pemain Timnas Indonesia selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Chiang Mai, Thailand, yang berlangsung pada 20 Januari-1 Februari 2020.

Menu-menu latihan yang diterapkan Shin pun tidak lepas dari bagaimana meningkatkan daya tahan para pemain.

"Pemain banyak melakukan latihan endurance dengan atau tanpa bola, juga diselingi latihan beban," kata Nova, asisten pelatih Timnas Indonesia U-19.

Timnas U-19 telah menjalani tes fisik pada Rabu (22/1) di Kamp Depak Bola Alpine, Chiang Mai, Thailand. Beragam uji dilakukan termasuk mengukur VO2 Max atau volume oksigen yang digunakan permenit.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tes Fisik

Meski fokus pada pembenahan fisik, Shin Tae-Yong juga tidak lupa mengasah kualitas teknik pemain seperti memberikan menu latihan operan.

"Itu untuk menciptakan kemampuan pemain melepaskan umpan," tutur Nova.

TC timnas U-19 Indonesia di Thailand diikuti oleh 28 pemain terbaik hasil seleksi pada 13-17 Januari 2020 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Selain berlatih, Amiruddin Bagas cs. juga menjalani beberapa laga uji coba.

Pada tahun 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang berlangsung di Indonesia tetapi waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Setelah itu, tahun berikutnya, mereka akan tampil di Piala Dunia U-20 yang dilaksanakan pada 24 Mei-12 Juni 2021.

 

Sumber asli: Antara

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuaralam/Edu Krisnadefa, Published 24/1/2020)

 

Video Populer

Foto Populer