Menpora Janjikan Kantor untuk PSSI jika Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Dunia U-20 2021

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 25 Jan 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 25 Jan 2020, 18:15 WIB
Zainudin Amali dan Mochamad Iriawan

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, merespons permintaan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan yang meminta kepada pemerintah untuk membangun sebuah kantor bagi federasi sepak bola Indonesia itu. Desakan itu dapat diwujudkan dengan sebuah syarat.

Kata Zainudin, Kemenpora menunggu pencapaian Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021. Jika berhasil melaju hingga babak semifinal, maka pihaknya akan merayu Presiden Jokowi untuk membuatkan kantor baru bagi PSSI.

"Kalau sepak bola kita bisa masuk ke babak semifinal Piala Dunia U-20, maka saya akan minta kepada presiden supaya PSSI mendapatkan sebuah kantor yang representatif dan mewah," kata Zainudin di Kuta, Bali.

"Itu jadi tantangan bagi PSSI. Pemerintah paham betul kondisi sepak bola kita saat ini dan kita semua realistis. Memang sepak bola kita kan baru berbenah dan bangkit di kepemimpinan Pak Iriawan dan para pengurus PSSI," tuturnya.

Saat ini, PSSI berkantor di Menara Olahraga Senayan Bulding, fX Sudirman Office Tower, Jakarta, sejak Februari 2019.

Sebelumnya, area kerja PSSI berpusat di sebuah rumah di bilangan Kemang Timur, Jakarta, setelah hijrah dari Grand Rubina Business Park, Jakarta, yang ditempati sejak 2016. Namun, hanya hitungan bulan PSSI berkantor di sana hingga bergeser ke fX Sudirman.

2 dari 2 halaman

Buat PSSI Terpacu

Logo Piala Dunia U-20 Indonesia 2021
Logo Piala Dunia U-20 Indonesia 2021 (Bola.com/Adreanus Titus)

Target yang diminta Zainudin bukan tanpa sebab. Dengan adanya syarat seperti itu, diharapkan dapat memacu PSSI untuk membangun Timnas Indonesia U-20 yang tangguh.

"Tapi, siapa tahu hasilnya bisa saja terealisasi. Saya tekankan di sini, apa pun hasilnya menjadi kewajiban bagi kami untuk membangun fasilitas bagi PSSI," kata Zainudin.

Dalam kongres tahunan PSSI yang digelar di Kuta, Bali, Sabtu (25/1/2020), Iriawan menuntut pemerintah, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), untuk membangun kantor tetap bagi federasi yang dipimpinnya. Lokasi yang dimintanya berada di area Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓