Sukses


Ini Yang Membuat Persipura Tak Jenuh Jalani TC Panjang di Batu

Bola.com, Malang - Persipura Jayapura menggelar pemusatan latihan sebulan penuh di Kusuma Agro Wisata, Kota Batu.

Tim besutan Jacksen Tiago itu membangun kekuatan pada 26 Januari hingga 27 Februari. Meski berlatih sebulan jauh dari homebase, Jacksen yakin anak buahnya tidak akan dilanda kejenuhan.

“Kami sudah sering latihan di Batu dalam waktu yang lama. Jadi pemain sudah terbiasa. Pasti ada masa jenuh, tapi sudah ada cara untuk menyiasatinya. Akan kami buat latihan outbond. Karena di tempat ini ada fasilitas itu,” jelas pelatih asal Brasil ini.

Namun, untuk saat ini, Boaz Solossa dkk. akan lebih dulu dihajar dengan latihan fisik pagi dan sore hari. Ketika sudah ada waktu yang tepat, program outbond itu baru digelar.

“Selain itu, ada banyak wisata di Batu. Pemain kami izinkan untuk jalan-jalan ke tempat wisata di sekitar sini untuk refreshing,” sambung mantan pelatih Barito Putera ini.

Setiap awal musim, Jacksen memang punya tradisi membawa timnya berlatih di Batu. Sebelumnya, Barito Putera juga melakukan hal yang sama dalam dua tahun terakhir.

Selain fasilitas yang lengkap, lawan tanding di sekitar Batu juga banyak. Di Malang, ada Arema FC dan klub lokal lainnya yang bisa diajak beruji coba.

Khusus untuk Persipura Jayapura, ketersediaan lawan tanding memang jadi kendala ketika berlatih di Jayapura. Karena tidak banyak tim yang bisa diajak latih tanding. Biasanya, tim berjuluk Mutiara Hitam ini hanya berujicoba dengan tim Pra PON Papua saja.

Video

2 dari 2 halaman

Butuh Uji Coba

Persipura Jayapura butuh pemanasan untuk membentuk tim karena musim ini ada perubahan komposisi pemain. Empat pemain asing dirombak. Penggantinya ada Takuya Matsunaga, Arthur Cunha, Eduardo Amaral dan Sylvano Comvalius. Sedangkan pemain lokal juga ada perubahan.

“Musim ini ada beberapa perubahan. Tapi, saya anggap tidak banyak. Itu sesuai dengan arahan manajemen untuk membentuk tim yang kuat dan bertenaga,” kata Jacksen.

Ketika ditanya soal target, Jacksen mengaku manajemen dan tim sepakat untuk jadi yang terbaik lagi di Liga 1. Dengan kata lain, mereka ingin jadi juara.

Persipura terakhir kali mendapat gelar adalah saat TSC 2016. Padahal di masa ISL, mereka jadi penguasa dengan 4 kali juara. “Kami mendapat target untuk jadi yang terbaik pada tahun ini."

Video Populer

Foto Populer