Sukses


4 Fakta Gerson Rios, Eks Pelatih Alisson Becker yang Direkrut Persipura

Bola.com, Jakarta - Seluruh klub Liga 1 Indonesia siap menyongsong dihelatnya kompetisi Liga 1 2020. Persipura Jayapura bahkan mendatangkan pelatih dengan rekam jejak apik untuk menantang para rival musim ini.

Persipura melakukan manuver cerdas setelah kepergian pelatih kiper, Alan Haviluddin, ke Bhayangkara FC. Klub berjuluk Mutiara hitam itu mendatangkan mantan pelatih Alisson Becker, Gerson Rios, untuk menggantikan posisi Haviluddin.

Pemilihan Gerson Rios oleh manajemen Persipura merupakan rekomendasi dari Jacksen Tiago. Pelatih Persipura Jayapura itu mengaku ingin bekerja sama dengan Gerson Rios pada Liga 1 2020.

Jacksen Tiaogo yang merupakan pelatih asal Brasil kerap mendengar berbagai hal positif tentang kompatriotnya itu. Namun baru saat ini dia bisa merekomendasikan nama Gerson Rios kepada menejemen Persipura.

"Dia pernah menjadi pelatih Timnas Brasil di kelompok umur dan pernah melatih kiper Alisson Becker (kiper Liverpool). Selain itu, Gerson juga pernah berkarier di Vasco da Gama," jelas Jacksen Tiago dalam pemusatan latihan Persipura di Kota Batu.

"Satu hal yang bagus, dia sudah memiliki catatan mengenai kiper Persipura Jayapura. Artinya dia profesional. Meski belum pernah ke Indonesia, dia sudah lebih dulu memiliki data yang dia butuhkan," ujar Jacksen.

Sampai saat ini, belum diketahui kapan Gerson Rios akan mulai menjadi pelatih kiper di Persipura. Namun manajemen berjanji waktu tersebut segera datang.

Keputusan Persipura Jayapura mendatangkan mantan pelatih Alisson Becker tersebut menimbulkan pertanyaan baru. Fans mulai bertanya-taya tentang siapa sosok Gerson Rios itu.

Bola.com telah merangkum setidaknya empat fakta menarik Gerson Rios, pelatih kiper yang resmi direkrut Persipura Jayapura.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Baru Pertama Kali ke Indonesia

Persipura Jayapura adalah tim Asia pertama yang kipernya bakal dilatih oleh Gerson Rios. Pria yang turut andil dalam performa luar biasa Alisson Becker itu baru pertama kali datang ke Indonesia.

“Iya, dia (Gerson) pertama kali ke Indonesia, dia dulu pelatihnya Timnas Brasil, Alisson Becker itu anak buahnya,” kata Jacksen Tiago.

Meski demikian, besar kemungkinan Gerson Rios bakal cepat beradaptasi di Indonesia. Pertama, karena manajemen Persipura akan menuntut demikian.

Dan yang kedua, Brasil memiliki iklim tropis yang mirip dengan iklim di Indonesia.

3 dari 5 halaman

2. Berjasa Besar dalam Karier Alisson Becker

Gerson Rios tak serta merta menjadi sosok yang paling berpengaruh terhadap karier kiper andalan Liverpool, Alisson Becker. Namun, ia turut berkontribusi atas kemampuan dasar kiper asal Brasil tersebut.

Gerson dan Becker pernah bekerja sama di Timnas Brasil kategori umur. Saat itu, Gerson ditunjuk sebagai pelatih kiper untuk Timnas Brasil.

Kebetulan ada nama Alisson Becker dalam susunan penjaga gawang muda tim Samba tersebut. Saat Becker menjelma menjadi kiper yang dipuja dunia, tentu Gerson Rios menjadi sosok yang turut disebut.

4 dari 5 halaman

3. Detail dan Teliti

Kualitas kepemimpinan Gerson Rios sebagai pelatih kiper bahkan sudah terbukti sebelum sosoknya benar-benar datang. Setidaknya, itulah yang disampaikan pelatih Mutiara Hitam, Jacksen Tiago.

Menurut Tiaogo, Gerson Rios termasuk sosok yang detail dan teliti. Ia bahkan sudah memiliki catatan mengenai sepak terjang kiper Persipura Jayapura, meski belum datang ke Indonesia.

"Satu hal yang bagus, dia sudah memiliki catatan mengenai kiper Persipura Jayapura. Artinya dia profesional. Meski belum pernah ke Indonesia, dia sudah lebih dulu memiliki data yang dia butuhkan," ujar Jacksen.

5 dari 5 halaman

4. Sosoknya Misterius

Bola.com bisa menyebut Gerson Rios itu adalah sosok yang misterius. Tim Bola.com hanya menemukan sedikit informasi tentang pelatih kiper asal Brasil itu di internet dan media sosial.

Saat mencari akun Instagram dengan kata kunci Gerson Rios, yang diketemukan adalah sosok yang berbeda. Manajemen Persipura menjadi pihak yang menambah kemisteriusan Gerson Rios.

Manajemen tim yang bercokol di posisi ketiga Shopee Liga 1 2019 itu belum menampilkan wajah Gerson Rios di akun media sosial ofisialnya. Bahkan, belum ada ucapan selamat datang yang ditujukan kepada pelatih kiper barunya itu.

Video Populer

Foto Populer