Sukses


Jacksen Tiago dan Rencana Besar Persipura Musim Ini

Bola.com, Malang - Persipura Jayapura kembali punya hasrat tinggi untuk jadi juara di Liga 1 2020. Kehadiran pelatih Jacksen F. Tiago jadi satu di antara faktor yang membuat target itu dihidupkan kembali.

Pelatih asal Brasil ini berjodoh untuk membawa trofi bagi tim Mutiara Hitam. Jacksen memberikan gelar juara pada ISL 2011 dan 2013. Dia juga yang membentuk era baru Persipura dari generasi Eduard Ivak Dalam ke Boaz Solossa.

Sejak pertengahan musim lalu, dia dipanggil kembali untuk menyiapkan generasi penerus. Pasalnya, banyak pemain Persipura, termasuk Boaz sudah memasuki usia kepala tiga.

Sementara, Persipura tetap harus bermain dengan karakternya yang mengandalkan kekuatan fisik dan tehnik khas Papua.

Sejak kembali pertengahan 2019 ke Papua, Persipura menemukan kembali permainan terbaik. Padahal, Jacksen tidak menyiapkan tim di awal musim. Tapi, dia cepat menyatu dan bisa membuat Mutiara Hitam bangkit dari papan bawah sampai urutan ketiga pada akhir musim.

Pada Liga 1 2020, Jacksen mendapat target lebih tinggi. Jacksen mendapat wewenang membentuk tim sejak awal musim.

Seperti apa Jacksen menyiapkan Persipura musim ini? Simak wawancara jurnalis Bola.com, Iwan Setiawan, dengan Jacksen di Malang.

Video

2 dari 3 halaman

Perbedaan Musim Ini

Apa bedanya Persipura musim ini depan sebelumnya?

Sekarang saya memagang tim sejak awal musim. Tapi musim lalu sebenarnya kami sudah memperlihatkan prestasi dengan finis di urutan ketiga klasemen akhir dan jadi tim kedua paling sedikit kemasukan. Kami terus naik dari bawah ke papan tas klasemen. Sekarang perubahannya hanya ada pemain asing dan muda. 

Seperti apa arahan manajemen Persipura dan target musim ini kepada Anda?

Manajemen ingin kami jadi yang terbaik lagi. Mereka juga menginginkan saya berusaha membangun kekuatan tim yang bertenaga dan lebih muda lagi. Ini proses dan kami yakin bisa melakukannya dengan baik.

Bicara tentang pemain muda, siapa yang akan diorbitkan Persipura musim ini?

Kami tidak bisa prediksi. Harus menungu masa bermain dan adaptasi. Sekarang banyak pemain muda dan kembali lagi butuh proses.

Mereka punya potensi luar biasa untuk jadi pemain yang baik dan menonjol. Tinggal mengembangkan saja. Tahun lalu ada Todd Rivaldo Ferre. Untuk tahun ini saya tidak bisa sebut nama siapa yang akan muncul. Tapi potensi banyak.

Apa yang dibutuhkan agar era baru pemain muda Persipura bisa langsung moncer seperti era Boaz Solossa?

Paling penting kami berusaha mengawali kompetisi dengan baik. Itu akan membuat pemain muda dan semua merasa nyaman. Efek selanjutnya, mereka bisa mengeluarkan kemampuan yang dimiliki. 

Untuk Boaz Solossa, Ian Kabes dan yang lainnya yang tergoling senior, perannya seperti apa?

Mereka tetap penting di tim karena sebagai penyeimbang dan membimbing pemain muda. Jadi nantinya berkolaborasi. Apalagi, mereka sudah lama di tim dengan banyak pengalaman.

3 dari 3 halaman

Rencana untuk Pemain Muda

Sebelum pemusatan latihan di Batu, Persipura sempat melakukan seleksi di Jayapura. Bagaimana hasilnya?

Kami melakukan seleksi kurang lebih empat hari. Ada tiga pemain yang sekarang ikut pemusatan latihan tim senior di Batu. Usianya masih 19-20 tahun (Wulf Koronia Kluivert, Jose Maniagasi, dan Hanny Kobak). 

Kami akan melihat perkembangan mereka di Batu, kemudian menentukan apakah mereka bisa jadi bagian dari tim senior.

Tapi selain itu, ada sembilan pemain lain hasil seleksi. Tapi, mereka untuk tim Persipura U-20 dan akan main dalam kompetisi. Nantinya, jika putaran kedua tim butuh tenaga mereka, tentu bisa langsung diambil ke tim senior. Jadi, kami sudah memikirkan rencana untuk mereka ke depan. 

Video Populer

Foto Populer