Sukses


Gara-Gara Sanksi, Persebaya Batal Merekrut Bek Kiri Baru

Bola.com, Surabaya - Persebaya batal menyodorkan kontrak kepada bek kiri Frank Rikhard Sokoy, mantan pemain Perseta Tulungagung. Pemain asal Papua itu telah menjalani trial bersama Persebaya selama satu pekan terakhir, sejak TC di Sleman.

Frank Rikhard mendapat sanksi larangan beraktivitas di lingkungan PSSI selama 12 bulan. Sanksi itu didapatnya saat membela Perseta yang tampil di Liga 3 2019. Dia mendorong dan memukul wasit saat timnya melawan Putra Sinar Giri.

"Nanti saya akan berbicara pada manajemen musim ini tidak mungkin dia masuk di tim. Karena masih skorsing, akan kami sampaikan pada manajemen bahwa dia memiliki potensi bagus. Kalau hanya ikut latihan tidak masalah," kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Aji kali pertama tertarik dengan pemain berusia 22 tahun itu saat menonton video pertandingannya. Di sisi lain, Persebaya sedang membutuhkan tambahan bek kiri. Melihat potensi Frank Rikhard, Aji lantas menawarkan trial.

"Anak ini masih muda punya prospek yang bagus. Saya usul biar dia tetap latihan di sini. Apalagi sekarang dia juga tidak punya tim buat berlatih. Nanti ketika skorsing habis, akan kami rekrut," ucap pelatih asli Malang itu.

Keputusan Aji mendatangkan Frank Rikhard sebagai pemain seleksi juga sempat mengundang pertanyaan. Sebab, statusnya sebagai eks pemain Liga 3 diragukan untuk tampil di kasta tertinggi, apalagi klub sebesar Persebaya.

2 dari 2 halaman

Stok Bek Kiri

Tetapi, ini bukan kali pertama Aji melakukan hal itu. Dia pernah mendatangkan Arif Satria saat masih membesut Persela Lamongan pada 2018. Arif, yang berstatus mantan pemain Liga 3, justru menjadi andalan Persela. Kini, dia ikut pindah ke Persebaya.

"Pemain ini (Frank Rikhard) punya kualitas. Saya tidak pernah melihat dari kasta berapa dia bermain. Saya melihat kualitasnya bukan kasta berapa klub sebelumnya," tutur pelatih berusia 49 tahun itu.

Di sisi lain, Persebaya hanya memiliki Nasir sebagai pemain yang diplot sebagai bek kiri pasca hengkangnya Ruben Sanadi ke Bhayangkara FC. Persebaya kemungkinan batal mendatangkan bek kiri Abduh Lestaluhu yang masih berada di Tira Persikabo, meski telah menandatangani kontrak. 

Aji bisa saja menurunkan Rachmat Irianto dan Mokhamad Syaifuddin di posisi itu, namun keduanya terbiasa tampil sebagai gelandang bertahan dan bek tengah. Situasi ini tampaknya bukan jadi masalah mengingat Aji semasa bermain berposisi sebagai bek kiri.

Video Populer

Foto Populer