Bojan Hodak Mengungkap Alasan Membawa 2 Eks Barito Putera ke PSM

Oleh Abdi Satria pada 02 Feb 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 02 Feb 2020, 21:30 WIB
Piala AFC : PSM Makassar Vs Lalenok United

Bola.com, Makassar - Dua pemain eks Barito Putera, Rony Beroperay dan Yakob Sayuri, terlihat bergabung dalam latihan reguler PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu sore (2/2/2020). Keduanya tiba di Makassar pada Sabtu (1/2/2020).

Ditemui usai latihan, pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, mengaku terkesan dengan penampilan kedua pemain dalam latihan perdana mereka bersama PSM.

Menurut Hodak, Rony dan Yakob didatangkan dengan alasan kebutuhan tim. Rony misalnya, Hodak butuh bek kiri murni karena saat ini hanya memiliki Leo Guntara di posisi itu.

"Sebenarnya saya punya dua pemain di bek kiri. Selain Leo Guntara, ada juga Firza Andika. Tapi, saat ini, saya belum bisa memainkan Firza. Dia butuh waktu minimal dua bulan untuk kembali berlatih dengan tim," ujar Hodak.

Sementara Yacob Sayuri dibutuhkan untuk membuat sisi sayap PSM lebih kuat. Khususnya di sayap kiri. Saat ini, PSM memiliki tiga penyerang sayap murni. Mereka adalah Bayu Gatra, Rizky Eka, dan Irsyad Maulana.

Nama terakhir harus istirahat dua sampai tiga pekan setelah cedera saat PSM menekuk Lalenok United 3-1 pada leg kedua play-off Piala AFC 2020 di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (29/1/2020).

Sejatinya PSM Makassar masih punya dua pemain lagi yang bisa beroperasi di sisi sayap, yakni Ezra Walian dan Ferdinand Sinaga. "Tapi, saya butuh penyerang sayap yang cepat. Yakob memiliki kriteria yang saya butuhkan," tegas Hodak.

 

2 dari 3 halaman

Mengenai Marc Klok

PSM Makassar Vs Becamex Binh Duong
Gelandang PSM Makassar, Marc Klok, tampak kecewa usai gagal lolos ke final Zona ASEAN Piala AFC 2019 meski menang atas Becamex Binh Duong di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). PSM menang 2-1 atas Becamex Binh Duong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pada kesempatan sama, Hodak juga angkat bicara terkait kepergian Marc Klok ke Persija. Menurut mantan pelatih Timnas Malaysia U-19 itu, Klok sebenarnya masuk dalam skema pemain yang diproyeksikan untuk bersaing musim ini.

"Tapi, ketika pertama kali saya bertemu dengan Klok, dia bilang ada klub yang tertarik merekrutnya dan dia ingin bergabung di klub itu," kata Hodak.

Itulah mengapa Hodak tak lagi memasukkan Klok dalam skema intinya pada persiapan PSM Makassar menghadapi playoff Piala AFC 2020. Kala itu, pelatih berpaspor Kroasia itu berkilah Klok masih cedera.

Belakangan CEO PSM, Munafri Arifuddin membantahnya dan menegaskan kondisi Klok tidak masalah. Akhirnya, Klok terbukti ke Persija.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓